pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Ulama dan kiai Jakarta beri dukungan pada Ganjar-Mahfud

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Sekretaris TPN Ganjar-Mahfud, Hasto Kristiyanto (kiri), bersama Ketua Forum Ulama-Kiai Kampung DKI Jakarta Zainal Arifin Naim berfoto bersama dalam acara deklarasi di Jakarta, Jumat (12/1/2024). (ANTARA/Hreeloita Dharma Shanti)

Jakarta (ANTARA) - Forum Ulama dan Kiai Kampung DKI Jakarta (Ful-Kipung) mendeklarasikan diri untuk mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD untuk memenangi Pilpres 2024.

"Kami akan menggalang masyarakat untuk memenangkan Bapak Haji Ganjar Pranowo dan Prof. Haji Mahfud MD, sebagai presiden dan wakil presiden RI yang ke-8 periode 2024-2029," kata Ketua Ful-Kipung, Zainal Arifin Naim, dalam acara deklarasi di Jakarta, Jumat.

Dalam acara yang dihadiri oleh puluhan ulama dan kiai dari berbagai wilayah di Jakarta hingga Bekasi itu, Zainal mengatakan semangat seluruh ulama tersebut dengan akan kuat mendukung Ganjar-Mahfud memenangi Pemilu 2024 dalam satu putaran.

Hal tersebut akan dilakukan dengan memasang spanduk tanpa mengganggu aktivitas warga, serta menyosialisasikan program-program Ganjar-Mahfud yang dinilai bermanfaat bagi kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia

"Yang kami lihat bukan untuk kami, tetapi buat rakyat Indonesia, buat kita semua," kata Zainal.

Baca juga: Ganjar terima keluhan harga jual gula di pabrik swasta lebih baik

Menanggapi dukungan tersebut, Sekretaris Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Hasto Kristiyanto, mengapresiasi dan menekankan bahwa kepemimpinan Ganjar-Mahfud akan selalu berpihak pada rakyat kecil atau wong cilik dan kebenaran.​​​​​​.

Hasto menjelaskan baik Ganjar maupun Mahfud amat menjunjung tinggi kepemimpinan yang mengajarkan kebaikan, keadilan, dan menjaga kerukunan bangsa sebagaimana diajarkan oleh setiap agama.

Hal itu dibuktikan dengan etika Ganjar saat berinteraksi dengan rakyat secara langsung lewat blusukan ke sejumlah daerah.

"Pak Ganjar kalau blusukan dengan mantap, dengan keterbukaan. Makanya, Pak Ganjar bisa turun langsung, blusukan di rumah rakyat; sementara yang 'di sana' blusukannya diwakilkan atau jalannya di atas mobil Alphard," kata Hasto.

Baca juga: Diisukan retak dengan Jokowi, Hasto: Rakyat bisa nilai loyalitas PDIP

Kemudian, terkait cawapres Mahfud, Hasto menilai sebagai seorang profesor dan pakar hukum, Mahfud juga terus menyebarkan norma dan etika yang baik serta menjadi penegak keadilan bagi rakyat miskin.

Cawapres yang masih menjabat sebagai menko polhukam itu bahkan terang-terangan memberikan dukungan serta perhatian kepada pengurus masjid, guru mengaji, dan pengurus masjid agar mendapat perlindungan serta gaji layak.

"Karena beliau tahu nilai etika, moral, dan kebenaran. Tidak ada bangsa yang besar jika tidak menempatkan etika dan moral di atas yang lainnya," ujar sekretaris jenderal PDI Perjuangan itu.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pilpres 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: PDIP sanggah Prabowo soal alutsista era Bung Karno bekas

Pewarta:
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024
Ari Dwipayana: Narasi pemakzulan untuk kepentingan politik elektoral Sebelumnya

Ari Dwipayana: Narasi pemakzulan untuk kepentingan politik elektoral

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah Selanjutnya

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah