pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Round up - Hari ke-44 kampanye Pilpres 2024

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Petugas menunjukkan surat suara rusak saat penyortiran dan pelipatan surat suara pilpres di Gudang KPU Kota Blitar, Jawa Timur, Selasa (9/1/2024). ANTARA FOTO/Irfan Anshori/nym.
Jakarta (ANTARA) -
Kampanye Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 pada hari ke-44, Rabu (10/1), dimanfaatkan oleh ketiga pasangan calon untuk menyuarakan visi dan misi kepada masyarakat di wilayah Indonesia barat dan tengah.

Pasangan calon nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) berkampanye di wilayah Pulau Jawa,.

Anies diketahui berada di Yogyakarta dan tidak memiliki banyak jadwal kampanye setelah pulang dari Kendari, Sulawesi Tenggara; sedangkan Muhaimin Iskandar berkampanye di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Kemudian, capres nomor urut 2 Prabowo Subianto tetap berada di Jakarta dengan menghadiri agenda sebagai menteri pertahanan; sementara cawapres Gibran Rakabuming Raka berkampanye di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Sementara itu, capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo memilih berkampanye di Jakarta dan Jawa Tengah; sedangkan cawapres Mahfud MD menjemput aspirasi warga di Kabupaten Banyuwangi dan Kota Surabaya, Jawa Timur.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sedangkan pemungutan suara dilaksanakan pada hari Rabu, 14 Februari 2024.

Berikut rangkuman kegiatan ketiga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada hari ke-44 kampanye:
 
 
Anies-Muhaimin
Setelah pulang dari Kendari, Sulawesi Tenggara, mantan gubernur DKI Jakarta itu tidak banyak melakukan aktivitas kampanye dan hanya menghadiri satu agenda, yaitu mengunjungi Rumah Relawan MANIES di Yogyakarta.

Ayah dari empat orang anak itu bercengkerama dengan para ibu dan relawan di rumah itu. Dia juga diketahui memberi ucapan selamat Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 PDI Perjuangan di akun Instagram pribadinya.

"Selamat HUT ke-51 PDI Perjuangan, 10 Januari 2024, dari Anies Rasyid Baswedan," demikian isi unggahan story di akun Instagram @aniesbaswedan.

Sementara itu, Muhaimin Iskandar menghadiri kegiatan Konsolidasi Akbar Anies & Muhaimin (AMIN) Jawa Timur, di DBL Arena Surabaya, Rabu siang.

Di acara tersebut, pria yang kerap disapa Cak Imin itu mengimbau para relawan, calon legislatif, dan simpatisan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB ) untuk bekerja keras memenuhi target kemenangan AMIN dalam pilpres.

Dia juga menyampaikan gagasan perubahan yang diserukan AMIN kepada ribuan peserta yang hadir.

Setelah acara, Muhaimin juga sempat memberikan komentar agar Presiden Joko Widodo tidak memihak kepada salah satu pasangan calon dalam Pilpres 2024.

"Cuma, presiden jangan memihaklah," kata Muhaimin.

Selain itu, ketua umum PKB itu juga menyinggung arah dukungan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kepada pasangan calon nomor urut 2.

"Kami mengetahui sudah lama tentang pilihan Bu Khofifah," tutur dia.

Setelah dari DBL Arena, Muhaimin juga menghadiri kegiatan "Slepet Imin di kota yang sama.


Prabowo-Gibran
Pada Rabu pagi, Prabowo Subianto menjalani tugas sebagai menteri pertahanan dengan menghadiri kegiatan Seminar Nasional Strategi Perlindungan Kawasan Pulau Jawa melalui Tanggul Pantai dan Tanggul Laut (giant sea wall) yang digelar Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian di Jakarta.

Dalam kesempatan itu, Prabowo mengatakan bahwa proyek pembangunan tanggul laut raksasa membutuhkan waktu yang lama.

"Masalah Giant Sea Wall mungkin nanti para engineer, para pakar akan menyampaikan masalah ini mungkin butuh waktu 40 tahun sampai selesai, mungkin lebih. Pengalaman negara Belanda ya seperti itu 40 tahun," kata dia.

Sementara itu, Gibran Rakabuming Raka menghadiri agenda Senam Gemoy bersama Gibran di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Putra sulung Presiden Joko Widodo itu menyuarakan kepada relawan untuk bersama-sama menjaga suara pasangan calon nomor urut 2.

"Saya minta tolong titip untuk menjaga suara yang ada di Banyuwangi," tutur dia.

Gibran juga menjumpai ibu-ibu istri dari nelayan yang mengikuti kontes memasak di sebuah hotel di Kabupaten Banyuwangi.

Di tempat itu, dia mengimbau agar pendukung tidak merespons "serangan" dari pasangan calon lain serta fokus untuk meraih kemenangan dan menjaga situasi kondusif negara.

Di Banyuwangi, Gibran juga menjemput aspirasi dengan berdialog dengan para pelaku pariwisata, UMKM, dan 1.000 kiai kampung di Pondok Pesantren Ibnu Sina.

"Untuk menuju Indonesia Emas, harus disiapkan generasi emas. Para santri tidak boleh dilupakan," tutur dia.


Ganjar-Mahfud
Capres Ganjar Pranowo mengawali kampanye, Rabu, dengan menghadiri perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 PDI Perjuangan di Jakarta.

Dalam momentum itu, dia menyampaikan sejumlah pernyataan, seperti rakyat tidak takut intimidasi, berterima kasih atas ucapan selamat HUT dari Anies, berharap Presiden Jokowi hadir saat HUT, serta mengungkapkan arahan khusus dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati.

"Ketika diintimidasi, (rakyat) melawan dengan cara diam karena mereka sembunyikan keberanian itu di dalam hatinya. Mereka sampaikan, oke, silakan anda tekan, silakan anda paksa, kami inggih inggih (iya) saja, tapi keputusan kami akan ada di TPS," kata Ganjar saat berpidato dalam agenda ulang tahun partai tersebut.

Mantan gubernur Jawa Tengah itu juga sempat menegaskan dirinya siap hadir dalam agenda Penguatan Anti-Korupsi untuk Penyelenggara Berintegritas (Paku Integritas) yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Setelah menghadiri kegiatan HUT PDI Perjuangan di Jakarta, Rabu, Ganjar lantas berangkat ke Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, untuk menjemput aspirasi dari petani bawang merah dan masyarakat.

Di Desa Kertabesuki, Brebes, Ganjar mengatakan bahwa pasar induk bawang dibutuhkan untuk menjual bawang merah menjelang musim panen raya.

Dia juga meminta pemangku kepentingan terkait untuk menambah pasokan pupuk bersubsidi, serta mengimbau Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud untuk mengecek masalah sistem irigasi di Brebes.

"Maka penting saya mengingatkan kepada pemangku kepentingan pupuk, tolong bantu, yuk," kata Ganjar.

Setelah dari Desa Kertabesuki, dia juga berkunjung ke Desa Kaliwlingi, untuk menyapa masyarakat dan relawan, serta nelayan.

Di desa itu, dia mengingatkan para pendukung untuk mematuhi lalu lintas saat hendak berkampanye dan mendengar keluhan dari nelayan.

"Kami terus memberi perhatian kepada nelayan. Apa yang menjadi keluhan harus di atasi. Kemudahan mendapatkan solar, tangkapan, sampai bagaimana sistem jualnya agar mereka tidak rugi," tutur Ganjar.

Ganjar juga melanjutkan sejumlah kegiatan di wilayah Jateng dan menutup hari dengan menginap tidur di salah satu rumah warga di Desa Kabunan, Kecamatan Dukuhwaru, Kabupaten Tegal.

Sementara itu, cawapres Mahfud MD pada Rabu siang berada di Kabupaten Banyuwangi untuk mengikuti sejumlah kegiatan, setelah pada pagi dia menghadiri akad nikah putra bungsu KGPAA Paku Alam X, Bendoro Pangeran Haryo (BPH) Kusumo Kuntonugroho dan Laily Annisa Kusumastuti di Masjid Ageng Pakualaman, Yogyakarta.

Di Banyuwangi, Mahfud mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalam Blokagung.

Dalam kunjungannya, pria asal Madura itu berkomitmen untuk mendorong kemajuan ponpes agar membangun universitas.

"Kami berharap semua pesantren itu yang sudah mampu bisa mendirikan universitas-universitas yang maju, sama juga dengan Universitas Al-Azhar yang sekarang usianya lebih dari seribu tahun di Kairo, yang dulu didirikan oleh halaqah keagamaan," kata dia.

Setelah itu, dia juga berangkat ke Kota Surabaya untuk berkunjung ke Gereja Santa Maria Tak Bercela guna bersilaturahmi dengan para pemuda gereja dan kepala pastor.

Kemudian, mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) tersebut, melanjutkan kampanye dengan menghadiri kegiatan Tabrak Prof! di sebuah warung kopi di ibukota Provinsi Jatim itu.

Mahfud berkomitmen untuk memberantas korupsi dan menegakan hukum seadil-adilnya ke depan jika memenangkan Pilpres 2024.

"Korupsi dan pelanggaran hukum. Hukum Harus ditegakkan untuk kesejahteraan rakyat," kata dia menjawab pertanyaan salah satu peserta kegiatan.
Pewarta:
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024
Ganjar: Berjuang di Pilpres 2024 kok istirahat? Sebelumnya

Ganjar: Berjuang di Pilpres 2024 kok istirahat?

Arsul Sani ikut sidang PHPU Pileg terkait PPP, tapi tak ikut memutus Selanjutnya

Arsul Sani ikut sidang PHPU Pileg terkait PPP, tapi tak ikut memutus