pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Ganjar sempat tanya IP untuk jaket Top Gan sebelum dipakai saat debat

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Capres RI Ganjar Pranowo saat menghadiri acara di Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta, Senin (8/1/2024). ANTARA/Rio Feisal
Jakarta (ANTARA) - Calon Presiden RI Ganjar Pranowo mengaku sempat menanyakan intellectual property (IP) atau kekayaan intelektual sebelum mengenakan jaket Top Gan dalam debat ketiga yang mempertemukan antar-capres di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1) malam.

"Cerita royalti. Maka, kemarin saya pakai baju gaya Top Gan, saya tanya, ini IP orang bukan? Coba izin," kata Ganjar di Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta, Senin (8/1).

Ganjar menceritakan hal tersebut sebagai contoh komitmen yang akan dirinya terkait dengan perencanaan utama atau grand design untuk pengembangan industri ekonomi kreatif Indonesia. Menurut dia, salah satu bentuk komitmennya adalah memberikan fasilitas bagi pelaku industri kreatif.

"Lalu yang berikutnya apa setelah memberikan fasilitas? Bagaimana kemudian kepastian dan penegakan hukumnya?" katanya.

Ganjar juga mencontohkan bentuk komitmen terhadap IP saat dirinya bersama putranya, Muhammad Zinedine Alam Ganjar, sedang melakukan carpool atau berkaraoke di dalam mobil.

"Ketika saya sama Alam main carpool terus kemudian nyanyi-nyanyi, teman-teman dari seniman, musisi, menyampaikan, 'Mas Ganjar, aku bantu ya agar yang dinyanyikan itu juga kita ada izinnya. Kalau perlu dibayar.' Itu menarik," ujarnya.

Sebelumnya, Ganjar bersama Calon Wakil Presiden RI Mahfud Md. kompak mengenakan jaket bomber hijau ala karakter utama dalam film Top Gun saat mengunjungi Posko Pemenangan Tim Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud untuk berangkat menuju lokasi debat ketiga.

"Temanya Top Gan, Top Ganjar," ujar mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode tersebut.

Berdasarkan keterangan unggahan instagram @mohmahfudmd, jaket tersebut dipasangkan patch yang sejalan dengan program Ganjar-Mahfud, yakni modernisasi pertahanan SAKTI, Kuliah Gratis untuk Anak Prajurit dan Bhayangkara serta Prajurit Sejahtera.

Baca juga: Makna mode konsistensi visual hingga "Top Gan" di debat ketiga
Baca juga: Jaket "Top Gan" hingga kemeja formal para capres warnai debat ketiga


Selepas debat pertama pada tanggal 12 Desember 2023 dan debat kedua pada tanggal 22 Desember 2023, KPU menggelar debat ketiga yang kembali mempertemukan para capres.

Tema debat ketiga yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Jakarta, Minggu (7/1), meliputi pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Sebelumnya, KPU RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.
Pewarta:
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024
Ganjar tanggapi pernyataan Jokowi soal debat ketiga Sebelumnya

Ganjar tanggapi pernyataan Jokowi soal debat ketiga

Tiap daerah beda masalah, Panwascam dilatih mampu petakan kerawanan Selanjutnya

Tiap daerah beda masalah, Panwascam dilatih mampu petakan kerawanan