pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

TPN sebut data soal pertahanan yang disampaikan Ganjar bukan rahasia

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Deputi Politik 5.0 TPN Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto, memberikan penjelasan terkait dengan data yang disampaikan Ganjar Pranowo dalam debat ketiga Pilpres 2024 pada konferensi pers di Jakarta, Senin (8/1/2024). ANTARA/Hreeloita Dharma Shanti
Yang kami pilih adalah data-data yang kemudian relevan dengan debat pertahanan.

Jakarta (ANTARA) - Tim Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud menyebut seluruh data calon presiden (capres) nomor urut 3 terkait dengan pertahanan pada debat ketiga Pilpres 2024 bukanlah data yang bersifat sensitif atau rahasia.

"Sekali lagi, data-data itu adalah informasi terbuka, tidak rahasia, sensitif, tidak melanggar Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik. Di bagian data-data yang dikecualikan karena data itu ada di website-nya Kemenkeu, data itu ada di website-nya Kemenkopolhukam, data itu juga ada di website lembaga-lembaga kajian global yang dipercaya," kata Deputi Politik 5.0 TPN Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto, dalam konferensi pers di Jakarta, Senin.

Menanggapi data-data yang dipaparkan Ganjar dalam debat tersebut, Andi memastikan seluruh data tersebut seluruhnya bersifat terbuka, bukan data rahasia, dan bukan data sensitif karena masyarakat dapat mengaksesnya di situs resmi kementerian/lembaga terkait dengan pertahanan.

Andi Widjajanto mencontohkan data pencapaian kekuatan pokok minimum (MEF) 2024 bisa mendapatkannya melalui situs resmi Kemenpolhukam. Sebagian besar data di dalamnya mencakup data global dari lembaga-lembaga kajian yang memiliki kredibilitas sejak lama.

"Di Lakip, kalau masuk ke Lakip ada Deputi I, II, III, IV, lalu Deputi IV adalah deputi pertahanan negara, ada dokumen publiknya dibuka, teman-teman akan melihat grafis pertamanya, lalu di grafisnya itu muncul pencapaian MEF 2024,” katanya.

Lebih lanjut ketika Ganjar menjabarkan data soal alokasi anggaran belanja pertahanan bangsa yang cenderung menurun daripada pendapatan Produk Domestik Bruto (PDB), sumbernya adalah data IISS yang berasal dari London, Inggris, yang selalu mengeluarkan data military balances setiap Februari.

Menurut dia, data IISS merupakan data yang paling dipercaya di bidang pertahanan militer yang memuat kekuatan, kemampuan pertahanan, hingga alutsista negara-negara di seluruh dunia dengan analisis yang tajam. Dengan demikian, kevalidannya tidak dapat ditapiskan.

"Yang kami pilih adalah data-data yang kemudian relevan dengan debat pertahanan. Menurut kami, penting menyampaikan data-data itu untuk menunjukkan kondisi Indonesia yang objektif seperti apa," ujarnya.

Sebelumnya, Ganjar mengatakan bahwa Global Peace Index menurut Institute for Economics and Peace turun, Global Militarization Index dari The Bonn International Centre for Conflict Studies (BICC) turun.

Angka kapabilitas militer dari Lowy Institute Asia Power Index turun, serta angka proporsi anggaran pertahanan turun yang bersumber dari International Institute for Strategic Studies (IISS) Military Balance+.

Selain itu, Ganjar menanyakan soal mengapa capaian MEF terjadi penurunan dan solusi yang ditawarkan oleh Prabowo.

Baca juga: Presiden: Buka data pertahanan tidak seperti toko kelontong
Baca juga: TKN apresiasi Prabowo tak bongkar data pertahanan


Selepas debat pertama pada tanggal 12 Desember 2023 dan debat kedua pada tanggal 22 Desember 2023, KPU menggelar debat ketiga yang kembali mempertemukan para capres.

Tema debat ketiga yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Jakarta, Minggu (7/1), meliputi pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Sebelumnya, KPU RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta:
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024
Komitmen Gibran untuk bangun Maluku lewat musik dan kesenian Sebelumnya

Komitmen Gibran untuk bangun Maluku lewat musik dan kesenian

Tiap daerah beda masalah, Panwascam dilatih mampu petakan kerawanan Selanjutnya

Tiap daerah beda masalah, Panwascam dilatih mampu petakan kerawanan