pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Presiden menilai substansi visi capres-cawapres di debat tidak tampak

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) didampingi Dirut Perum Bulog Bayu Krisnamurthi (kiri) keluar dari gudang Bulog usai meninjau penyaluran bantuan pangan beras di Serang, Banten, Senin (8/12/2024). Peninjauan dimaksudkan untuk memastikan cadangan beras pemerintah yang ada di Bulog mencukupi untuk penyaluran bantuan pangan hingga Maret 2024. ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/aww.
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menilai substansi visi calon presiden dan wakil presiden dalam debat ketiga Pilpres 2024 yang diselenggarakan di Jakarta, Minggu (7/1) malam tidak tampak.

"Ya yang pertama memang saya melihat substansi dari visinya malah tidak keliatan," kata Jokowi di sela kunjungan kerja di Serang, Banten, Senin.

Dia menilai yang terlihat adalah justru saling menyerang antarpersonal, yang semestinya tidak terjadi.

"Yang keliatan justru saling menyerang, yang sebetulnya nggak apa asal kebijakan, asal policy, asal visi, nggak apa," ujarnya.

Dia menekankan apabila debat sudah menyerang personal, pribadi, yang tidak ada hubungan dengan konteks debat semalam, yang dalam hal ini mengenai hubungan internasional, geopolitik, pertahanan dan lain-lain, maka debat dapat disebut kurang memberi pendidikan.

"Saya kira (jika menyerang personal), kurang memberikan pendidikan, kurang mengedukasi masyarakat yang menonton, saya kira akan banyak yang kecewa," tambahnya.

Menurut Presiden, debat pilpres perlu diformat lebih baik lagi, dengan adanya rambu-rambu, sehingga debat bisa lebih hidup.

"Saling menyerang nggak apa tapi kebijakan, policy, visinya yang diserang bukan untuk saling menjatuhkan dengan motif-motif personal. Saya kira nggak baik dan nggak mengedukasi," kata Jokowi.

Baca juga: Presiden: COVID-19 hingga geopolitik pengaruhi penaikan gaji TNI-Polri

Baca juga: Jokowi temui kepala desa se-Kabupaten Serang
Pewarta:
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024
Pakar mikroekspresi: Anies kendalikan emosi saat debat ketiga Sebelumnya

Pakar mikroekspresi: Anies kendalikan emosi saat debat ketiga

Tiap daerah beda masalah, Panwascam dilatih mampu petakan kerawanan Selanjutnya

Tiap daerah beda masalah, Panwascam dilatih mampu petakan kerawanan