pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Pendukung Ganjar-Mahfud kompak gunakan wig rambut beruban

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Para pendukung calon presiden (capres) dan wakil presiden (wapres) nomor urut tiga Ganjar Pranowo-Mahfud kompak menggunakan rambut palsu atau wig berwarna putih menyerupai uban saat menonton langsung gelaran debat ketiga pilpres di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (7/1/2024) malam. ANTARA/Monalisa Jingga/aa.
Jakarta (ANTARA) -
Pendukung calon presiden (capres) dan cslon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud kompak menggunakan rambut palsu atau wig berwarna putih menyerupai uban saat menonton langsung gelaran debat ketiga Pilpres di Istora Senayan, Minggu malam.
 
Para pendukung yang menggunakan wig rambut beruban tersebut terlihat memenuhi bagian tengah barisan pendukung capres-cawapres nomor urut 3 dan menarik perhatian penonton debat yang lain.
 
Debat yang diikuti oleh capres untuk kedua kalinya itu mengangkat tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.
 
Debat capres tersebut akan dipandu oleh dua moderator, yakni Anisha Dasuki dan Aryo Ardi. Kemudian, ada 11 orang panelis sebagai tim penyusun pertanyaan untuk ketiga capres peserta Pilpres 2024.
 
Sebelumnya, Anggota KPU RI August Mellaz mengatakan desain tata letak panggung debat tak mengalami banyak perubahan dari debat sebelumnya, meskipun lokasi debat berpindah dari Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) ke Istora Senayan.

Baca juga: Ganjar minta masukan debat ke X, Alam: Bapak lagi kreatif-kreatifnya

Baca juga: Soal pembelian alutsista, Ganjar: No utang, no usang
 
"Perubahan itu akan terjadi karena lokasi saja. Lokasinya akan berbeda, tetapi sedapat mungkin tata letak dan sebagainya tidak mengalami perubahan jika dibandingkan dengan debat kedua di JCC," ujar Mellaz di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (3/1).
 
Sementara itu, terkait format debat, KPU tidak mengubah dari debat sebelumnya.
 
Sehingga, segmen pertama debat akan dibuka dengan penyampaian visi, misi, dan program kerja yang dimulai lebih dahulu oleh capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo. Selanjutnya, segmen kedua, ketiga, keempat, dan kelima ialah pendalaman visi, misi, dan program kerja.
 
Moderator lalu akan mengajukan berbagai pertanyaan kepada seorang peserta debat, dan peserta lain akan saling menanggapi.
 
Segmen keenam atau penutup adalah masing-masing peserta debat menyampaikan pernyataan secara penutup.
 
KPU tetap akan menyediakan podium pada debat capres, Minggu malam. Debat ketiga capres Pemilu 2024, Minggu, akan mempertemukan tiga capres di Istora Senayan, Jakarta, mulai pukul 19.00 WIB.
 
Adapun debat pertama capres Pemilu 2024 telah diselenggarakan di Kantor KPU RI, Jakarta, pada tanggal 12 Desember 2023. Kemudian, debat kedua cawapres Pemilu 2024 digelar di JCC Senayan, Jakarta, pada tanggal 22 Desember 2023.

Baca juga: Ganjar yakin harmonisasi-sinkronisasi bisa atasi tumpang tindih hankam
 
Rangkaian debat capres-cawapres dijadwalkan masih berlangsung tiga kali lagi, yakni pada tanggal 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.
 
KPU menetapkan peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.
 
Masa kampanye berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sedangkan jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.
Pewarta:
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024
Prabowo: Tak perlu khawatir soal utang, RI sangat dihormati Sebelumnya

Prabowo: Tak perlu khawatir soal utang, RI sangat dihormati

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran Selanjutnya

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran