pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Anies: Penataan institusi keamanan jangan karena selera pemimpin

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (kiri) berbincang dengan capres nomor urut satu Anies Baswedan usai tiba di lokasi debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc/aa.
"Penataan organisasi dan badan-badan bukan semata-mata karena selera pemimpin, tapi karena merespon ancaman itu,"
Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan mengatakan penataan lembaga negara yang saat ini tumpang tindih harus diatur, namun pengaturan itu sebaiknya bukan karena berdasarkan selera pemimpin.

Menurutnya penataan institusi-institusi keamanan itu harus dilakukan demi merespon ancaman. Dengan begitu, menurutnya penataan bakal sesuai dengan kebutuhan keamanan di Indonesia.

"Penataan organisasi dan badan-badan bukan semata-mata karena selera pemimpin, tapi karena merespon ancaman itu," kata Anies saat debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu.

Dia mengatakan penataan itu perlu melibatkan seluruh unsur yang terbiasa terlibat dalam menyusun tantangan organisasi. Menurutnya institusi-institusi keamanan perlu merumuskan tantangan keamanan di tahun-tahun ke depan.

"Kalau kita hanya menata ulang tanpa memikirkan apa ancaman barunya, maka tak lebih dari hanya menyelesaikan masalah organisasi," kata dia.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Selepas debat pertama pada 12 Desember 2023 dan debat kedua pada 22 Desember 2023, KPU menggelar debat ketiga yang mempertemukan para capres.

Tema debat ketiga meliputi pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.
 
Pewarta:
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024
Pendukung Ganjar-Mahfud acungkan 3 jari saat Prabowo pidato Sebelumnya

Pendukung Ganjar-Mahfud acungkan 3 jari saat Prabowo pidato

Relawan tak minta imbalan setelah berhasil menangkan Prabowo-Gibran Selanjutnya

Relawan tak minta imbalan setelah berhasil menangkan Prabowo-Gibran