pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

AMIN diharapkan beri peran strategis lebih banyak untuk perempuan

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan (kiri) bersama Wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (kanan) menjawab pertanyaan peserta pada acara Resolusi Indonesia di Jakarta, Jumat (5/1/2024). ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/aww.
Jakarta (ANTARA) -
Pergerakan Insan Cita for AMIN (PICA) ingin pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut satu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) memberikan peran strategis lebih banyak kepada perempuan, bila memenangi Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.
 
Ketua Umum Majelis Nasional PICA, Zulkifli Ali, mengatakan bahwa dirinya dan tim sukarelawan terus mendorong agar keterlibatan perempuan semakin bertambah dari yang sudah ada sekarang, khususnya dalam kabinet atau pemerintahan selanjutnya.
 
"Kami tidak ingin perempuan hanya menjadi bagian penggembira, sehingga mereka harus punya peran yang lebih strategis jika pasangan calon AMIN memimpin Indonesia nanti," kata Zulkifli saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Sabtu.
 
Dia menjelaskan, sudah saatnya peran perempuan harus lebih ditingkatkan dan menjadi penentu dalam pengambilan kebijakan-kebijakan strategis yang tidak hanya dalam kabinet, tapi dalam segala aspek seperti instansi pemerintahan dan swasta mengingat sudah banyak perempuan yang mumpuni untuk mengambil peran lebih signifikan, sehingga bisa menentukan keputusan sesuai dengan level kebijakan atau pekerjaan masing-masing.

Baca juga: Gibran kunjungi kediaman Ayip Thohir di Cirebon
 
Lebih lanjut, dia menjelaskan, untuk mendorong cita-cita itu, PICA selalu menyuarakannya dalam berbagai kesempatan seperti seminar dan gelar wicara atau talkshow, sehingga bisa terus didengar.
 
Zulkifli optimistis, AMIN mampu mewujudkan hal itu, karena peningkatan keterlibatan perempuan merupakan salah satu prioritas dalam gagasan perubahan yang digaungkan oleh pasangan calon tersebut.
 
Pergerakan Insan Cita for AMIN (PICA) merupakan organisasi sukarelawan lintas profesi yang beranggotakan alumni organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang bersepakat mendukung gagasan perubahan yang digaungkan oleh AMIN untuk Indonesia adil dan makmur.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.
 
Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.
 
KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Ganjar tidak mempermasalahkan pertemuan Jokowi dengan Prabowo
Pewarta:
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2024
Sudirman yakin perolehan suara Anies di Jateng akan mengejutkan Sebelumnya

Sudirman yakin perolehan suara Anies di Jateng akan mengejutkan

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah Selanjutnya

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah