pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Besok, Bawaslu Jakpus bacakan putusan soal bagi-bagi susu di CFD

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Arsip foto - Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka membagikan susu kemasan ke warga di area hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (3/12/2023). Dalam kesempatan tersebut Gibran menyapa warga yang sedang berolah raga saat HBKB atau 'car free day' (CFD) dan membagikan susu ke anak-anak. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa)
Jakarta (ANTARA) -
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jakarta Pusat (Jakpus) menyatakan siap membacakan putusan mengenai dugaan pelanggaran kampanye bagi-bagi susu di car free day (CFD) Jakarta yang dilakukan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Gibran Rakabuming Raka pada Jumat (29/12) besok.
 
"Kami siap (membacakan putusan soal pembagian susu di CFD oleh Gibran pada Jumat). Semoga lancar," kata Ketua Bawaslu Jakarta Pusat Christian Nelson Pangkey saat dihubungi di Jakarta, Kamis.
 
Sebelumnya, pada hari ini Bawaslu Jakpus dijadwalkan meminta klarifikasi dari Gibran terkait dugaan pelanggaran kampanye tersebut.
 
Namun menurut Sonny Pangkey, sapaan akrab Christian Nelson Pangkey, pihaknya telah mendapatkan keterangan yang cukup untuk dijadikan sebagai bahan kajian dalam memutus dugaan pelanggaran kampanye tersebut terbukti atau tidak terbukti.
 
Sebelumnya pada Kamis (21/12), Bawaslu Jakpus telah memanggil sejumlah politisi dari Partai Amanat Nasional (PAN) untuk dimintai keterangan terkait kegiatan calon wakil presiden nomor urut dua itu membagikan susu di Car Free Day Jakarta.
 
Dalam kesempatan tersebut, hadir Ketua Dewan Pimpinan Pusat PAN Zita Anjani dan beberapa calon legislatif (caleg) PAN, yakni Eko Hendro Purnomo atau Eko Patrio, Sigit Purnomo Syamsuddin Said atau Pasha Ungu, dan Surya Utama atau Uya Kuya.
 
Gibran Rakabuming Raka membagikan susu secara gratis kepada masyarakat di sekitar Kawasan Bundaran HI, Jakarta pada Minggu (3/12). Hal tersebut dinilai sejumlah pihak sebagai pelanggaran karena Walikota Solo itu nampak seperti menyosialisasikan program unggulannya bersama Prabowo Subianto ketika Hari Bebas Kendaraan Bermotor tersebut.
 
Respons itu kemudian ditepis oleh Gibran yang menyatakan bahwa kegiatan itu hanya untuk menyapa masyarakat di tempat yang banyak dikunjungi massa.
 
“Kan tanpa alat peraga kampanye (APK). Kita enggak melakukan pengajakan untuk pencoblosan atau apa kan enggak,” ucap Gibran.

Baca juga: Bawaslu Jakpus siap panggil Gibran terkait bagi-bagi susu di CFD

Baca juga: KPU tetap jalankan putusan Bawaslu soal Prima usai banding dikabulkan

Baca juga: Bawaslu: Putusan PN Jakpus posisikan penyelenggara pemilu dilematis
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023
KPU ubah metode pemungutan suara 4 wilayah di luar negeri Sebelumnya

KPU ubah metode pemungutan suara 4 wilayah di luar negeri

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran Selanjutnya

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran