pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Mahfud soal pertumbuhan ekonomi: Kuncinya adalah berantas korupsi

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Calon presiden-wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo (kiri) dan Mahfud MD (kanan) menyapa penonton sebelum debat kedua calon wakil presiden Pemilu 2024 di JCC, Jakarta, Jumat (22/12/2023). Debat kedua Cawapres Pemilu 2024 mengangkat tema ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur, dan perkotaan. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/rwa/pri.
Jakarta (ANTARA) - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Mohammad Mahfud Md menegaskan bahwa kunci pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah pemberantasan korupsi.

"Maka kuncinya adalah bagaimana kita memberantas korupsi," kata Mahfud dalam debat kedua cawapres Pemilu 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat.

Menurut dia, pertumbuhan ekonomi tidak pernah mencapai 7 persen pada era reformasi karena banyaknya permasalahan korupsi di Indonesia.

Selain itu, Mahfud menilai in-efisiensi pada sektor-sektor pertumbuhan ekonomi, yakni sektor konsumsi, belanja pemerintah, ekspor-impor dan investasi, juga membuat target pertumbuhan ekonomi tersebut tidak dapat terpenuhi.

Lebih lanjut, Mahfud menjelaskan permasalahan korupsi membuat pengusaha takut untuk berinvestasi di Indonesia.

Karena itu menurut dia, pengusaha membutuhkan sosok penegak hukum untuk memberantas korupsi.

"Saya panggil para ekonom dan para pelaku usaha, 'apa betul anda takut kepada saya kalau saya (jadi) wapres? Tidak Bapak, justru kami perlu seorang penegak hukum seperti Bapak. Karena apa? Kami kalau investasi di Indonesia ini diperas, mau berusaha ini diperas. Kalau kami bayar, padahal diperas, lalu ketahuan, kami ditangkap, katanya kami menyuap. Itulah Indonesia ini pada saat ini," ujarnya.

Oleh sebab itu, pasangan calon presiden Ganjar Pranowo tersebut menyerukan perlawanan terhadap korupsi agar pertumbuhan ekonomi hingga tujuh persen dapat tercapai.

"Kita harus lawan korupsi, menimbang istilah anak muda, 'hai koruptor, kutabrak kau'," kata Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan itu.

Berdasarkan hasil sigi Transparansi Internasional (TI), Mahfud mengatakan korupsi terjadi di lembaga legislatif, eksekutif dan yudikatif secara besar-besaran.

Selain itu, lanjut dia, korupsi juga terdapat di tiga matra alam Indonesia.

"Kita menginjak bumi, ada korupsi di tanah dan pertambangan. Kita ke laut, ada korupsi di masalah kelautan. Kita melihat udara, pesawat terbang kita ternyata di udara banyak korupsi," kata Mahfud.

Dia pun menuturkan akibat dari korupsi tersebut, masyarakat tidak bisa mendapatkan subsidi minyak, anak-anak tidak dapat mencapai cita-cita dan potensi sumber daya alam tidak optimal dimanfaatkan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan tiga pasang capres-cawapres peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 pada Senin, 13 Desember 2023.

Hasil pengundian nomor urut sehari berselang menetapkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2 dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Selepas debat pertama antar-capres pada Selasa (12/12), KPU menggelar debat kedua yang melibatkan tiga cawapres pada Jumat (22/12) di Jakarta.

Tema debat kedua meliputi ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur dan perkotaan.

Baca juga: Puluhan disabilitas nobar debat cawapres dengan relawan Ganjar-Mahfud
Baca juga: Mahfud Md kenakan baju khas Madura jelang Debat Cawapres
Pewarta:
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023
Slepet Muhaimin isyaratkan kemakmuran dan keadilan pembangunan ekonomi Sebelumnya

Slepet Muhaimin isyaratkan kemakmuran dan keadilan pembangunan ekonomi

Muhaimin: Spirit perubahan tak boleh terhenti walau Timnas AMIN bubar Selanjutnya

Muhaimin: Spirit perubahan tak boleh terhenti walau Timnas AMIN bubar