pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Tiba di lokasi debat, tiga paslon disambut timses dan pendukung

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Pasangan capres dan cawaprwa nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md hadir pada debat kedua Pilpres 2024 di Balai Sidang Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (22/12/2023). ANTARA/Narda Margaretha Sinambela.
Jakarta (ANTARA) - Tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden peserta pemilu tiba di Balai Sidang Jakarta Convention Centre (JCC), Senayan, Jumat malam, untuk mengikuti debat cawapres perdana yang diselenggarakan oleh KPU RI.

Pasangan Prabowo-Gibran Rakabuming Raka tiba sekitar pukul 18.42 WIB, disusul pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar tiba pada pukul 18.44 WIB, dan pasangan terakhir yang tiba ialah pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md pada pukul 18.46 WIB.

Adapun pasangan Prabowo-Gibran tiba dengan mengenakan baju bernuansa biru muda. Sementara itu, pasangan Anies-Muhaimin kompak mengenakan kemeja putih dibalut dengan jas hitam. Terakhir, pasangan Ganjar-Mahfud tiba dengan mengenakan pakaian adat dari Flores dan Madura.

Para pendukung ketiga pasangan calon tersebut tampak mengenakan atribut yang merepresentasikan pasangan calon dukungan mereka. Terdengar pula nyanyian yel-yel bersorak sorai mengiringi kedatangan para capres-cawapres itu.

"Assalamualaikum, Walaikumsalam. Ganjar Mahfud datang, bawa pasukan," begitu nyanyian para pendukung Ganjar Mahfud dengan kompaknya.

Di titik yang berbeda, para pendukung Prabowo-Gibran kompak berteriak sambil berjoget.

"Prabowo-Gibran, Prabowo-Gibran, menang, menang, besar, Prabowo Gibran, pasti menang besar," teriak mereka sambil berjoget

Sebelumnya, KPU telah menyelenggarakan debat perdana Pemilu 2024 yang mempertemukan tiga calon presiden pada Selasa (12/12) di kantor KPU RI, Jakarta.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan bahwa para cawapres peserta debat diizinkan untuk membawa alat tulis berupa kertas dan pena untuk diletakkan di podium saat debat.

"Di podium itu diberikan kesempatan untuk menyiapkan alat tulis, (berupa) bolpoin dan kertas," kata Hasyim saat konferensi pers di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis (21/12).

Kendati demikian, Hasyim menegaskan bahwa alat bantu lainnya, seperti telepromter dan komputer tablet, tidak boleh dibawa ke podium debat.

KPU menyetujui hasil masukan dari masing-masing tim kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk menyediakan podium pada debat capres-cawapres Pemilu 2024.

Baca juga: Relawan Prabowo-Gibran beri dukungan sambil joget "Oke Gas"
Baca juga: Mahfud Md kenakan baju khas Madura jelang Debat Cawapres


"Evaluasi yang sudah kami sepakati bersama, di antaranya semua tim pasangan calon mengajukan usulan bahwa di dalam debat kedua nanti dan seterusnya, masing-masing sampai debat kelima, itu disiapkan podium sederhana sebagai sarana untuk tampil," kata Hasyim di Jakarta, Senin (18/12).

Oleh karena itu, penambahan podium menjadi salah satu hal yang membedakan debat kedua dari debat pertama sebelumnya yang diikuti para capres.

KPU RI menetapkan tiga pasang capres-cawapres peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 pada Senin 13 Desember 2023.

Hasil pengundian nomor urut sehari berselang menetapkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Selepas debat pertama antarcapres pada Selasa (12/12), KPU menggelar debat kedua yang melibatkan tiga cawapres pada Jumat (22/12) di Jakarta.

Tema debat kedua meliputi ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.
Pewarta:
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023
Hasto: Ada yang panik melihat soliditas PDIP Sebelumnya

Hasto: Ada yang panik melihat soliditas PDIP

Relawan tak minta imbalan setelah berhasil menangkan Prabowo-Gibran Selanjutnya

Relawan tak minta imbalan setelah berhasil menangkan Prabowo-Gibran