pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Pesan Menkeu, OJK, dan BI jelang debat cawapres malam ini

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Seminar Nasional Perekonomian Outlook Indonesia di Jakarta, Jumat (22/12/2023) ANTARA/Bayu Saputra.
Cyclical juga penting karena kita tidak bisa menjaga ekonomi seperti di jalan tol, lurus tanpa hambatan, selalu ada shock yang mengubah arah kebijakan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan pesan untuk argumen yang sebaiknya disampaikan dalam debat calon wakil presiden (cawapres) yang akan diselenggarakan Jumat (22/12) malam ini pukul 19.00 WIB.

Menurut dia, produktivitas menjadi kunci untuk terus memacu pertumbuhan perekonomian Indonesia ke depan.

"Cyclical juga penting karena kita tidak bisa menjaga ekonomi seperti di jalan tol, lurus tanpa hambatan, selalu ada shock yang mengubah arah kebijakan," kata Sri Mulyani dalam seminar Nasional Outlook Perekonomian Indonesia di Jakarta, Jumat.

Selain itu, Bendahara Negara itu juga menyampaikan bahwa agar ekonomi Indonesia terus konsisten tumbuh, diperlukan adanya perbaikan struktural guna menjaga fundamental ekonomi, terutama di bidang sumber daya manusia (SDM) dan investasi.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar memberikan pesan bahwa fokus harus tetap dilanjutkan pada pembangunan menuju pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Fokus kita, strategi kita jelas untuk menjalankan mesin-mesin pertumbuhan, semua energi sinergi bangsa ada langkah-langkahnya," kata Mahendra.

Sementara Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Juda Agung, mengatakan apabila target pertumbuhan ekonomi ditetapkan di atas 5 persen, maka yang harus dilakukan yakni melakukan reformasi struktural.

Hal itu dapat dilakukan dengan meningkatkan pembangunan infrastruktur dan melanjutkan program hilirisasi.

“Tentu saja hal-hal ke depan, termasuk penelitian dan pengembangan, edukasi, dan sebagainya. Itu adalah hal-hal yang harus menjadi PR kita bersama,” katanya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjadwalkan siaran langsung debat mulai pukul 19.00 WIB. Debat akan berlangsung dengan durasi selama 150 menit atau 120 menit khusus untuk debat.

Debat cawapres terdiri atas enam segmen. Pada masing-masing segmen para penyelia berhak memberi tiga pertanyaan. Tema debat kedua yang mempertemukan tiga cawapres Pemilu 2024 adalah ekonomi, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

KPU menetapkan jadwal pelaksanaan debat capres dan cawapres berlangsung selama masa kampanye Pemilu 2024.

Debat capres/cawapres Pemilu 2024 diikuti oleh tiga pasangan peserta Pilpres 2024, yakni nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Rangkaian debat selanjutnya akan dilanjutkan pada 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.

Baca juga: OJK fokus penguatan fondasi sektor industri asuransi 2023-2024

Baca juga: Menkeu minta perbankan tidak tahan penyaluran kredit pada 2024

Baca juga: BI: Aliran modal asing masuk ke Indonesia capai Rp6,37 triliun
Pewarta:
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023
Mahfud Md kenakan baju khas Madura jelang Debat Cawapres Sebelumnya

Mahfud Md kenakan baju khas Madura jelang Debat Cawapres

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah Selanjutnya

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah