pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

TKN Fanta sebut anak muda jadi aktor jalannya konsep hilirisasi

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Komandan Tim Kampanye Nasional (TKN) Fanta Law Andi Ryza menjawab pertanyaan wartawan usai diskusi Aspek Hukum dan Ekonomi terkait Penerapan Hilirisasi di Indonesia di Fanta Headquarters, Jakarta, Rabu (20/12/2023). ANTARA/Fauzan/aa.

Jakarta (ANTARA) - Komandan Tim Kampanye Nasional (TKN) Fanta Law Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Andi Ryza, menyebut pemuda merupakan aktor yang akan menjalankan konsep hilirisasi yang menjadi program dari pasangan nomor urut 2.

Menurut Ryza penerapan konsep hilirisasi membutuhkan kesiapan sumber daya manusia (SDM) khususnya anak muda sebagai penggerak industri.

"Salah satunya adalah kesiapan SDM, kalau kita berbicara SDM, kita berbicara tentang bonus demografi, yaitu pemuda hari ini pemuda adalah pewaris problem terbesar produksi kebijakan publik (hilirisasi)," kata Ryza saat ditemui usai acara diskusi "Aspek Hukum dan Ekonomi terkait Penerapan Hilirisasi di Indonesia" di Fanta Headquarters, Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan selama ini produk kebijakan publik dan pelaku atau objek kebijakan publik lahir dari dua generasi yang berbeda. Hal tersebut menjadi salah satu problem yang menjadikan kebijakan itu tidak berjalan dengan baik.

"Selama ini kita tidak pernah bisa memproduksi kebijakan publik yang betul-betul bisa menerjemahkan realitas, termasuk mengerti anak muda. Karena aktornya dengan objek kebijakan publiknya lahir dari dua masa yang berbeda. Generasi baby boomers dengan generasi milenial, itu betul-betul berbeda tafsiran realitasnya," katanya.

Ryza meyakini keberadaan Gibran sebagai cawapres membuka peluang untuk terciptanya kebijakan publik yang bisa dijalankan oleh dua generasi yang berbeda.

"Dengan kombinasi antara Pak Prabowo dengan Mas Gibran, ruang untuk pemuda tentu saja akan lebih besar, karena aktor atau produksi kebijakan publiknya ada anak muda," katanya.

Baca juga: Sekjen BPP yakin Gibran akan ungguli Muhaimin dan Mahfud saat debat
Baca juga: KPU ajak masyarakat manfaatkan masa kampanye kenali peserta pemilu


Lebih lanjut, Ryza mengatakan bahwa konsep hilirisasi yang menjadi program pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo tidak bisa selesai dalam dua periode masa kepemimpinannya.

"Sangat disayangkan ketika pondasi dasar yang sudah dibangun di pemerintahan Jokowi dua periode itu kemudian harus berubah secara substansional dari nol lagi," ujarnya.

Ia mengatakan, selain menaikkan nilai ekonomi, program hilirisasi juga menguntungkan pemuda dengan terserapnya angkatan kerja di Indonesia.

"Akan banyak industri-industri lain yang menjadi support system pertambangan yang akan terbuka. Artinya lapangan kerja terbuka jadi lebih besar," katanya.

Sebelumnya, Prabowo menilai bahwa kebijakan hilirisasi sumber daya alam yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo telah mampu meningkatkan pendapatan negara.

Menurut dia kebijakan tersebut sangat tepat karena jika sumber daya alam diekspor dalam bentuk mentah, tidak akan optimal dalam meningkatkan nilai tambah perekonomian bangsa, sehingga pentingnya mengolah SDA tersebut sebelum diekspor.

Dia mengatakan bahwa proses pengolahan ini harus mencakup tahapan hulu hingga hilir sehingga pabrik-pabrik pengolahan berada di dalam negeri.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Jubir Timnas AMIN menilai debat cawapres akan lebih disorot publik
Baca juga: Jelang debat cawapres, Mahfud Md tak lakukan persiapan khusus

Pewarta:
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2023
Gibran ajukan cuti jelang debat capres-cawapres Sebelumnya

Gibran ajukan cuti jelang debat capres-cawapres

KPU Kaltara ingatkan konsekuensi caleg terpilih yang tidak buat LHKPN Selanjutnya

KPU Kaltara ingatkan konsekuensi caleg terpilih yang tidak buat LHKPN