pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

PPLN: Persiapan pelaksanaan Pemilu 2024 di Kuching sudah 80 persen

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Biro Logistik PPLN Kuching Umar Tajudin saat ditemui di di Kuching, Malaysia, Rabu (13/12/2023). ANTARA/HO-Slamet Ardiansyah.
Pontianak (ANTARA) - Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Kuching mengatakan hingga saat ini persiapan pelaksanaan Pemilu 2024 di Sarawak, Malaysia, sudah mencapai 80 persen.

"PPLN Kuching saat ini tinggal menunggu konfirmasi dari KPU RI terkait pendistribusian logistik seperti surat suara dan kelengkapan lainnya," kata Biro Logistik PPLN Kuching Umar Tajudin di Kuching, Malaysia, Rabu.

Dia menjelaskan estimasi kedatangan logistik dari KPU RI tersebut mulai dari 8-18 Desember 2023, sedangkan total besaran kantong diplomatik logistik berisikan kelengkapan surat suara yaitu sebanyak 210 kantong, yang didatangkan secara bertahap di PPLN Kuching.

"Logistik ini terbagi menjadi dua, yaitu 166 kantong diplomatik untuk pemilihan DPR RI, kemudian 44 kontang diplomatik, termasuk dua persen surat suara tambahan untuk pemilihan presiden," tuturnya.

Dia menjelaskan kantong diplomatik itu adalah kantong yang biasa digunakan untuk pendistribusian keperluan negara di negara lain atau lintas negara.

Baca juga: PPLN Kuching sosialisasikan Pemilu 2024 pada 120 lokasi di Malaysia

Umar juga mengatakan setelah kelengkapan surat suara tiba nanti kemudian akan ditempatkan di lantai 10 Kantor KJRI Kuching. Untuk menerima logistik tersebut.

"PPLN tentu saja akan berkoordinasi dengan Pamwaslu dan perwakilan KJRI Kuching untuk sama-sama menerima logistik tersebut nanti," ujarnya .

Setelah dilakukan penandatangan berita acara penerimaan dengan disaksikan semua pihak, kata dia, logistik langsung disimpan. Proses selanjutnya surat-surat suara tersebut akan dilipat, disortir dan dipacking sesuai kebutuhan.

"Kemudian jika ada yang rusak akan kami buat berita acaranya dan bila kurang maka kami juga akan minta tambahan ke KPU RI," kata Umar.

Menurut dia, setelah sudah siap, kemudian surat suara dan kelengkapan lainnya akan didistribusikan ke gudang yang telah disiapkan di sembilan distrik yang tersebar di seluruh Negeri Sarawak, Malaysia.

"Tentu saja saat pendistribusian itu akan di kawal dan diawasi oleh petugas ketertiban, keamanan, perwakilan KJRI dan PPLN Kuching," ujarnya.

Baca juga: Dubes: Kesuksesan Pemilu 2024 tergantung kesiapan PPLN, Panwaslu

Umar menyebut sembilan gudang logistik ini berada di kota-kota besar di Negeri Sarawak, dan setelah sampai di gudang-gudang tersebut kemudian akan didistribusikan ke kotak suara keliling (KSK).

"Kami pastikan surat suara dan perlengkapan Pemilu 2024 di PPLN Kuching akan tepat waktu. Insya Allah mudah-mudahan sukses dan tindakan mengalami kendala satu apapun," kata Umar.

Baca juga: PPLN Johor Bahru tetapkan 119.491 orang masuk DPTLN Pemilu 2024
Pewarta:
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023
Panelis: Presiden terpilih harus bentuk pengadilan HAM Sebelumnya

Panelis: Presiden terpilih harus bentuk pengadilan HAM

KPU Teluk Wondama wajibkan 20 caleg terpilih serahkan LHKPN Selanjutnya

KPU Teluk Wondama wajibkan 20 caleg terpilih serahkan LHKPN