pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Jari bengkok Anies saat debat isyaratkan penegakan hukum tumpul

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Tangkapan layar Anies Rasyid Baswedan mengisyaratkan penegakan hukum di Indonesia masih tumpul ke atas dan tajam ke bawah melalui bahasa tubuh berupa jari tangan yang membengkok yang ditunjukkan saat debat di Gedung KPU, Jakarta, Senin. (ANTARA/Citro Atmoko)
Hukum adalah alat untuk mencapai tujuan bernegara, bukan tujuan pribadi penguasa
Jakarta (ANTARA) -
Anies Rasyid Baswedan mengisyaratkan penegakan hukum di Indonesia masih tumpul ke atas dan tajam ke bawah melalui bahasa tubuh berupa jari tangan membengkok yang ditunjukkan saat debat
 
Hal itu ditunjukkan Anies saat menyampaikan visi dan misi gagasan perubahan dalam debat perdana yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta, Senin.
 
Saat diberikan waktu selama empat menit untuk menyampaikan arah kebijakan ke depan terkait penegakan hukum, mantan rektor Universitas Paramadina itu mengatakan bahwa seorang presiden harus mampu mewujudkan keadilan hukum untuk seluruh rakyat Indonesia.
 
"Hukum adalah alat untuk mencapai tujuan bernegara, bukan tujuan pribadi penguasa. Ketika prinsip ini tidak dipahami, tidak dijadikan rujukan utama, dan tidak dipegang erat oleh pemimpin tertinggi, maka produk hukum yang dihasilkan dan praktik hukum yang berjalan akan menjadi tidak adil, tidak bermanfaat, dan tidak memberikan kepastian," ujar Anies.
 
Dalam bahasa tubuhnya itu, Anies menegaskan hukum masih sering digunakan sebagai alat oleh oknum penguasa untuk mencapai kepentingan-kepentingan pribadi atau kelompoknya.
 
"Ini adalah hukum di Indonesia (membengkokkan jari tangan kanan) yang dengan mudah dibengkokkan untuk kepentingan penguasa. Menghasilkan deretan produk hukum yang bermasalah, dengan proses yang bermasalah pula," kata Anies.
 
Dia menambahkan, masih banyak permasalahan terkait hukum dan hak asasi manusia (HAM) yang sering menyengsarakan masyarakat sehingga hal itu harus diubah.
 
Dalam tema debat pertama yang ditetapkan KPU itu, calon presiden akan berbicara terkait pemerintahan, hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan pelayanan publik, penanganan disinformasi, dan kerukunan warga.
 
KPU RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Baca juga: Anies-Muhaimin paslon terakhir yang tiba di lokasi debat Pilpres 2024
Baca juga: Putra bungsu Mahfud MD nobar debat capres
Baca juga: Pasangan Prabowo-Gibran tiba di KPU, kompak berbaju biru-biru

 
Pewarta:
Editor: Citro Atmoko
Copyright © ANTARA 2023
Pada debat Pilpres, Anies janjikan hukum tegak kepada semua Sebelumnya

Pada debat Pilpres, Anies janjikan hukum tegak kepada semua

Tak ada sengketa, KPU Cilegon tetapkan anggota legislatif terpilih Selanjutnya

Tak ada sengketa, KPU Cilegon tetapkan anggota legislatif terpilih