pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Anies-Muhaimin paslon terakhir yang tiba di lokasi debat Pilpres 2024

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar menjadi pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden terakhir yang tiba di lokasi debat perdana Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2024, di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta, Selasa (12/12/2023) malam. (ANTARA/Genta Tenri Mawangi)
Anies-Muhaimin, paslon nomor urut 1, menjadi paslon terakhir yang tiba di lokasi debat
Jakarta (ANTARA) -
Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar menjadi pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden terakhir yang tiba di lokasi debat perdana Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2024, di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta, Selasa malam.
 
Anies-Muhaimin tiba di Jalan Imam Bonjol, Jakarta, sekitar pukul 18.57 WIB. Mereka turun tepat di pintu masuk Gedung KPU dari minibus berwarna hitam
 
Mengenakan jas hitam berbalut kemeja putih, Anies-Muhaimin yang didampingi istri masing-masing kemudian memasuki gedung KPU. Keduanya melambaikan tangan ke awak media sembari berjalan masuk ke Gedung KPU.
 
Anies-Muhaimin, paslon nomor urut 1, menjadi paslon terakhir yang tiba di lokasi debat.

Sebelumnya, paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD menjadi yang pertama tiba di Kantor KPU sekitar pukul 18.15 WIB. Keduanya menggunakan baju putih dan berjalan kaki di Jalan Imam Bonjol hingga masuk ke Kantor KPU. Ganjar-Mahfud didampingi oleh Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Arsjad Rasjid, mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa, dan sejumlah tokoh politik, serta artis seperti Denny Sumargo dan Prilly Latuconsina.
 
Tak lama setelah itu, giliran paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang tiba di Kantor KPU RI.
 
Prabowo dan Gibran turun di depan Gedung KPR RI pukul 18.30 WIB dari satu mobil yang merupakan kendaraan pribadi Prabowo Subianto.
 
Keduanya, yang kompak mengenakan atasan berwarna biru langit langsung berjalan menuju lokasi debat, yang digelar di atas panggung di pelataran Gedung KPU RI.
 
Di depan pagar utama KPU RI, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad dan Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani menyambut dan mengantar Prabowo-Gibran masuk ke dalam kantor KPU RI.

Baca juga: Pengamat: Debat capres perlu tapi tak signifikan ubah elektabilitas
Baca juga: Syaugi Alaydrus tegaskan Anies siap jalani debat perdana capres di KPU
 
Debat perdana capres-cawapres di KPU RI mengangkat isu-isu pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.
 
Para peserta debat merupakan tiga pasangan calon yang telah ditetapkan oleh KPU sebagai capres-cawapres Pilpres 2024, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (nomor urut 1), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (nomor urut 2), dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD (nomor urut 3).
 
KPU RI di Jakarta menetapkan ada lima sesi debat resmi untuk tiga pasangan calon selama masa kampanye Pilpres 2024 yang berlangsung pada 28 November 2023 sampai dengan 10 Februari 2024.
 
Lima acara debat itu berlangsung pada 12 Desember 2023, 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.
 
Debat pertama khusus untuk antarcapres, debat kedua untuk antarcawapres, debat ketiga untuk antarcapres, debat keempat untuk antarcawapres, dan debat terakhir untuk antarcapres. Dengan demikian, debat pertama, ketiga, dan kelima menjadi debat antarcapres, sementara debat kedua dan keempat debat antarcawapres.
 
Walaupun demikian, seluruh capres dan cawapres diminta hadir oleh KPU di sepanjang sesi debat.
 
Pewarta:
Editor: Indra Arief Pribadi
Copyright © ANTARA 2023
Budiman Sujatmiko: Prabowo-Gibran fokus tuntaskan pekerjaan Jokowi Sebelumnya

Budiman Sujatmiko: Prabowo-Gibran fokus tuntaskan pekerjaan Jokowi

Luncurkan tahapan Pilkada, KPU RI tekankan kampanye hijau di Bali Selanjutnya

Luncurkan tahapan Pilkada, KPU RI tekankan kampanye hijau di Bali