pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Round up - Hari ke-12 kampanye Pilpres 2024

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Ilustrasi Pemilu 2024. (ANTARA/Fatwa Iham)

Jakarta (ANTARA) - Pada hari ke-12 masa kampanye, Sabtu (9/12), para pasangan calon presiden dan wakil presiden kian menunjukkan pergerakannya dengan terjun langsung ke akar rumput untuk menyampaikan visi misi guna mendapatkan hati masyarakat.

Skema kampanye terpisah pun terus dilakukan masing-masing paslon. Seperti halnya pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

Anies berkampanye di tanah kelahirannya di Kuningan, Jawa Barat; sedangkan Muhaimin masih berada di Sumatera Utara sejak Jumat (8/12).

Begitupun dengan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, di mana Prabowo berada di Sumatera Barat dan Jawa Tengah, sedangkan Gibran berkampanye di Jakarta dan Karawang, Jawa Barat.

Sementara itu, pasangan calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo memilih rehat sejenak untuk persiapan jelang debat capres perdana, sedangkan wakilnya, cawapres Mahfud MD melakukan kampanye di Bandung, Jawa Barat.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sebelum pemungutan suara pada hari Rabu, 14 Februari 2024. Berikut rangkuman kegiatan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada hari ke-12 kampanye untuk kembali Anda simak.


Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar

Adapun Anies Baswedan melakukan kampanye di tiga wilayah di Jawa Barat, yakni Kuningan, Cirebon, dan Indramayu.

Lebih dulu, Anies mengawali kampanye dengan mengunjungi Pasar Kepuh, Kabupaten Kuningan. Tak berselang lama, ia bertolak mengunjungi tempat Napak Tilas Hasan Eyang Maolani sekaligus menemui sejumlah tokoh, simpatisan, relawan, dan partai koalisi.

Menjelang siang, ia melanjutkan kampanye dengan berorasi di harapan pemuda di GOR Ewangga.

Hingga menjelang petang, mantan Gubernur DKI Jakarta ditemani sang istri, Fery Farhati, menyambangi Vihara Dewi Welas Asih yang terletak di Kota Cirebon, Jawa Barat.

Dalam kunjungannya, Anies menyampaikan apresiasinya kepada warga komunitas keturunan Tionghoa yang dinilai turut menjaga harmonisasi kerukunan umat beragama di Kota Cirebon.

Sementara itu, Muhaimin Iskandar tidak ada agenda kampanye apa pun di hari itu.


Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka

Tidak banyak agenda kampanye yang dilakukan calon presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto, di hari kampanye ke-12 ini. Diawali agenda di Sumatera Barat dengan mengunjungi korban bencana Gunung Marapi di Nagari (desa) Batu Palano, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, dan ditutup dengan menghadiri puncak perayaan HUT ke-9 Partai Solidaritas Indonesia di Stadion Jatidiri, Semarang, Jawa Tengah.

Sementara itu, cawapres Gibran Rakabuming Raka melakukan kampanye pertamanya dengan menyambangi Rusun Cilincing, Jakarta Utara.

Di sana, Gibran menghadiri acara deklarasi buruh pelabuhan dan berjanji akan mendorong sertifikasi profesi untuk buruh pelabuhan.

Setelah itu, ia bertolak ke Cempaka Putih, Jakarta, untuk menyosialisasikan program dan visi misi paslon nomor urut 2 kepada masyarakat.

Selanjutnya, Gibran bertolak menuju Karawang, Jawa Barat, untuk menghadiri acara Satnite with Pantura Dukung Gibran (Pandugi) di GOR Panatayudha, dan dilanjut dengan agenda silaturahmi ke pimpinan Pondok Pesantren Albaghdadi dan pimpinan majelis manaqiban Syekh Abdul Qodir Jaelani, Kyai Junaidi Al Baghdadi.


Ganjar Pranowo - Mahfud MD

Berbeda dari dua capres lain, calon presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo, menghabiskan hari ke-12 kampanye ini dengan mengisi waktu akhir pekan di pusat perbelanjaan yang berada di kawasan Jakarta Pusat.

Sebelumnya, disampaikan oleh Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Novi Basuki, Ganjar Pranowo memilih beristirahat dan dijadwalkan menghadiri acara keluarga pada Sabtu atau pada hari ke-12 kampanye Pemilu 2024.

Di tempat lain, Mahfud MD mengawali agenda di Bandung dengan menghadiri undangan Sidang Terbuka Senat Wisuda Ke-40 Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung, Jawa Barat.

Di acara itu, Mahfud berpesan kepada para wisudawan betapa pentingnya intelektual diimbangi tanggung jawab moral demi memajukan bangsa dan negara.

Selanjutnya, Mahfud MD pun juga menghadiri agenda orasi kebangsaan Hari Anti Korupsi Sedunia, dan ditutup dengan pertemuan bersama dengan budayawan, seniman dan generasi muda Bandung, di Bandung Interactive Hub.

Menariknya, di agenda ini Mahfud mendapatkan julukan “Uwa” yang disematkan oleh budayawan sunda, sebagai bentuk keakraban.

Diketahui, di ketiga agenda tersebut, Mahfud menggaungkan poin yang menegaskan bahwa dirinya bersama Ganjar akan menegakkan hukum dan memberantas korupsi. Oleh sebab itu, kata Mahfud, dirinya perlu dukungan dari masyarakat dan milenial.

Pewarta:
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023
Besok, Prabowo-Gibran hadiri acara Konvensi Indonesia di Sentul Sebelumnya

Besok, Prabowo-Gibran hadiri acara Konvensi Indonesia di Sentul

Luncurkan tahapan Pilkada, KPU RI tekankan kampanye hijau di Bali Selanjutnya

Luncurkan tahapan Pilkada, KPU RI tekankan kampanye hijau di Bali