pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Budiman sebut aturan debat bolehkan diskusi rugikan Prabowo-Gibran

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Anggota Dewan Pakar dan Direktur Juru Debat TKN Budiman Sujatmiko saat ditemui di Jakarta Selatan, Kamis, (7/12/2023). ANTARA/Walda.
Nanti kalau saling bantu malah jadi sia-sia dong kita sudah siapkan mereka
Jakarta (ANTARA) -
Direktur Juru Debat Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko​​​​, mengatakan calon presiden dan calon wakil presiden yang diusungnya dirugikan dengan peraturan debat dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang mengatur bahwa capres-cawapres bisa saling berdiskusi untuk menjawab pertanyaan.
 
"Merugikan, bisa saling bantu itu merugikan (untuk Gibran Rakabuming Raka)," kata Budiman yang juga Anggota Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran saat ditemui di Jakarta Selatan, Kamis.
 
Menurut Budiman, pihaknya telah mempersiapkan Gibran dengan matang untuk menghadapi debat. Begitu juga dengan Prabowo, yang kata Budiman, sudah siap menghadapi rangkaian debat yang disiapkan KPU.
 
"Nanti kalau saling bantu malah jadi sia-sia dong kita sudah siapkan mereka," kata.
 
Meski demikian, Budiman mengatakan tetap menghormati keputusan KPU dan akan menjalankan debat sesuai ketentuan yang berlaku.

Baca juga: KPU RI buka peluang konten kreator jadi moderator debat Pemilu 2024
 
Baca juga: TPN nilai debat dengan format "town hall" efektif uji visi-misi paslon

Sebelumnya, KPU menegaskan pelaksanaan debat calon presiden dan calon wakil presiden dilakukan dengan merujuk pada UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Debat Pilpres 2024 dilakukan sebanyak tiga kali untuk calon presiden dan dua kali untuk calon wakil presiden.
 
Anggota KPU Idham Holik mengatakan akan menyampaikan kepada tim kampanye untuk menghadirkan semua paslon dalam setiap sesi debat. Hal tersebut tidak melanggar perundang-undangan.
 
Untuk debat calon presiden dan calon wakil presiden akan dilakukan sebanyak lima kali, yang pertama akan dilaksanakan pada tanggal 12 Desember dengan tema Hukum, HAM, pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.
 
Selanjutnya, debat kedua pada 22 Desember dengan tema pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional. Untuk debat ketiga diselenggarakan pada 7 Januari dengan tema ekonomi (kerakyatan dan digital), kesejahteraan sosial, investasi, perdagangan, pajak, infrastruktur, keuangan, dan pengelolaan APBN.
 
Untuk debat keempat pada 21 Januari 2024 dengan tema energi, sumber daya alam, pajak karbon, pangan, lingkungan hidup, dan agraria serta masyarakat adat. Debat kelima pada 4 Februari dengan tema teknologi informasi, peningkatan pelayanan publik, hoaks, intoleransi, pendidikan, kesehatan, dan ketenagakerjaan.

Baca juga: Gibran tegaskan hanya akan hadiri debat resmi

Baca juga: KPU RI umumkan urutan dan tema debat capres/cawapres
Pewarta:
Editor: Indra Arief Pribadi
Copyright © ANTARA 2023
AMIN janji hapus status guru honorer jika menang Pilpres 2024 Sebelumnya

AMIN janji hapus status guru honorer jika menang Pilpres 2024

Muhaimin: Spirit perubahan tak boleh terhenti walau Timnas AMIN bubar Selanjutnya

Muhaimin: Spirit perubahan tak boleh terhenti walau Timnas AMIN bubar