pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

1.412 anggota Satlimas siap bantu pengamanan Pemilu 2024 di Singkawang

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Upacara pengambilan sumpah dan janji anggota Satlimnas Singkawang, Rabu (6/12/2023). ANTARA/HO-Rudi.
Pontianak (ANTARA) - Pemerintah Kota Singkawang menggelar upacara pengambilan sumpah dan janji 1.412 anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kota Singkawang 2023 untuk ikut mengamankan pelaksanaan Pemilu 2024.

"Pemerintah Kota Singkawang melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) mengambil suatu langkah kebijakan yang konstruktif sebagai upaya bersama memastikan keamanan dan ketertiban di tengah-tengah masyarakat," kata Penjabat Wali Kota Singkawang Sumastro di Singkawang, Rabu.

Ia menyebutkan, pengukuhan satlinmas ini juga bagian dari implementasi Permendagri Nomor 26 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat Serta Perlindungan Masyarakat.

"Satlinmas adalah garda terdepan dalam menjaga keamanan lingkungan yang melibatkan partisipasi aktif masyarakat dalam proses pencegahan, pengamanan, dan penanggulangan berbagai tantangan bersama yang mungkin timbul, sebagaimana amanat yang tertuang dalam Permendagri Nomor 26 Tahun 2020," tuturnya.

Sumastro menyampaikan, ke depannya tantangan keamanan akan semakin kompleks, dan peran satlinmas menjadi semakin penting terutama dalam menghadapi Pemilu serentak 2024.

Berdasarkan pertimbangan ini, nantinya masing-masing dua anggota satlinmas akan berkolaborasi dengan TNI/Polri bersama PPS guna menjaga keamanan di 706 TPS yang tersebar di seluruh Kelurahan.

"Partisipasi satlinmas ini diamanatkan untuk membantu penanganan ketenteraman, ketertiban umum dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilihan kepala daerah dan pemilihan umum. Dengan rasio dukungan 2 anggota satlinmas pada setiap TPS di seluruh Kelurahan yang ada di Kota Singkawang. Keberhasilan keamanan dan pemungutan suara di TPS berada di pundak satlinmas." katanya.

Selain itu, keberadaan satlinmas juga menjadi tonggak untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam mendukung program-program pembangunan di Kota Singkawang, meminimalisir terjadinya resiko keamanan, kesehatan dan bencana alam di masyarakat. Terlebih kini Kota Singkawang sedang mengalami musim hujan yang tinggi.

Sumastro berharap, secara berjenjang melalui Kelurahan dan Kecamatan di bawah naungan Satpol PP dalam waktu dekat dapat menyediakan program pembinaan fisik dan mental kepada para anggota satlinmas sehingga mampu menjalankan tugas dan kewajiban dengan sigap dan tangguh.

Baca juga: Ditjen Bina Adwil menyosialisasikan perubahan seragam Satlinmas
Baca juga: Bupati Wonosobo minta satlinmas kawal tahapan Pemilu 2024
Baca juga: Gubernur DIY minta Satpol PP tingkatkan kesiapsiagaan jelang pemilu
Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023
Tanggapi usul debat berbahasa Inggris, Hasto: Kita ada Sumpah Pemuda Sebelumnya

Tanggapi usul debat berbahasa Inggris, Hasto: Kita ada Sumpah Pemuda

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran Selanjutnya

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran