pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Wapres Ma'ruf nilai materi debat cawapres penting bagi masyarakat

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Wakil Presiden Ma’ruf Amin (kiri) menyampaikan keterangan pers usai acara Apresiasi dan Penyerahan Hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Reformasi Birokrasi (RB), dan Zona Integritas (ZI) Tahun 2023 di Nusa Dua, Bali, Rabu (6/12/2023). (ANTARA/Yashinta Difa)

Nusa Dua, Bali (ANTARA) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin menilai materi yang dijadikan bahan dalam debat khusus calon wakil presiden penting bagi masyarakat.

“Oh ya tentu bermanfaat, sehingga masyarakat tahu kan, tahu bahwa (cawapres) menguasai masalah apa enggak, jadi tahu masalah,” kata Ma’ruf ketika ditemui di sela-sela acara Apresiasi dan Penyerahan Hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Reformasi Birokrasi (RB), dan Zona Integritas (ZI) Tahun 2023 di Nusa Dua, Bali, Rabu.

Hal itu dia sampaikan untuk menanggapi wacana dihapusnya debat khusus cawapres dalam rangkaian kampanye Pilpres 2024 dan akan diganti dengan debat cawapres yang didampingi para capres.

“Kalau pemilu yang lalu, (sesi debat) ada tiga macam: ada debat pasangan (capres dan cawapres), ada debat capres saja sendiri, ada debat cawapres sendiri,” tutur Wapres Ma’ruf.

Terkait usulan materi debat, Ma’ruf mengatakan itu merupakan wewenang Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Itu saya kira nanti KPU yang menilai nanti hal-hal yang memang jadi concern kita dalam pembangunan ke depan itu seperti apa,” ujar dia.

KPU berencana merampungkan teknis pembahasan dalam pelaksanaan debat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 pada Rabu.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengatakan bahwa pihaknya sudah mengomunikasikan kepada tim pemenangan dari masing-masing pasangan calon (paslon) untuk menghadiri rapat tersebut.

Lebih lanjut dia mengatakan rapat akan membahas lebih detail terkait sejumlah hal teknis pelaksanaan debat nanti.

"Bahas format debat, tema debat, panelis, dan moderator," ungkap Hasyim.

KPU pada Rabu (29/11), telah memutuskan bahwa seluruh kegiatan debat akan disiarkan secara langsung di sejumlah televisi (TV) nasional dan kanal-kanal media elektronik lainnya.

Pelaksanaan debat pertama dan kedua pada tanggal 12 dan 22 Desember untuk menutup akhir tahun 2023, kemudian dilanjutkan pada tanggal 7 dan 21 Januari dan terakhir pada tanggal 4 Februari 2024.

Debat pertama akan mengambil tema terkait dengan hukum, hak asasi manusia (HAM), pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

Pelaksanaan juga dilakukan di Gedung KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta.

KPU RI pada Senin (13/11), telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil Pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa (14/11), menetapkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Baca juga: Bawaslu serahkan format debat capres-cawapres ke KPU asal sesuai UU
Baca juga: KPU rampungkan teknis pelaksanaan debat Pilpres 2024 besok 
Baca juga: Wapres: Debat khusus tunjukkan pemahaman cawapres atas persoalan

Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023
Kesultanan Kutai minta Ganjar anggarkan dana untuk kerajaan di RI Sebelumnya

Kesultanan Kutai minta Ganjar anggarkan dana untuk kerajaan di RI

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran Selanjutnya

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran