pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Anies janji bangun Wasaka International Stadium di Banjarmasin

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan saat berdialog dengan warga di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa (5/12/2023). ANTARA/HO-Media Timnas Amin/aa.
Jakarta (ANTARA) -
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan berjanji untuk membangun stadion bernama Wasaka International Stadium di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yang bisa menjadi markas klub sepakbola Barito Putera.

"Mari kita kembalikan Barito Putra untuk bisa kembali bermain di Banjarmasin," kata Anies saat berdialog dengan warga di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa.

Dari informasi yang ia dengar, Barito Putera, yang merupakan klub asal Banjarmasin, harus menjalani kompetisi di luar wilayah karena keterbatasan tempat bermain. Klub sepakbola tersebut menggunakan Stadion Demang Lehman yang berada di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.
 
Anies menjelaskan bahwa nama Wasaka merupakan akronim dari "Waja Sampai Kaputing" yang merupakan kalimat pepatah asal daerah setempat.
 
Menurut dia, sebuah stadion dibangun bukan hanya untuk pertandingan sepakbola saja, namun juga untuk kegiatan budaya, hingga seni. Karena itu dia menilai stadion harus mampu menjadi wahana yang mempersatukan seluruh kelompok masyarakat.
 
Mantan Gubernur DKI Jakarta itu yakin Wasaka International Stadium bisa dibangun di Banjarmasin. Karena dia mengaku telah berhasil membangun Jakarta International Stadium, walaupun banyak orang-orang yang pesimis.
 
"Kita melawan semua orang-orang yang pesimis bahwa stadion itu bisa dibangun. Dan sekarang justru jadi salah satu stadion terbaik di dunia, itu ada di Jakarta. Jadi insya Allah catat, itu Wasaka International Stadium," katanya.
 
Dia mengatakan rencana pembangunan stadion itu bukan hanya di Banjarmasin saja. Namun Anies mengatakan jika terpilih menjadi presiden, dirinya berjanji untuk membangun stadion di 10 kota lainnya di Indonesia.
 
"Nah itu diumumkannya nanti, jangan sekarang. Satu per-satu aja pengumumannya," kata dia.
 
KPU RI pada Senin, (13/11), telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.
 
Hasil Pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa, (14/11), pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.
 
KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Anies sebut pemuda harus melek dialog politik
Baca juga: Anies janji turunkan harga bahan pokok jika menang di pilpres
Pewarta:
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023
Timnas AMIN minta KPU tanggapi polemik terkait debat capres-cawapres Sebelumnya

Timnas AMIN minta KPU tanggapi polemik terkait debat capres-cawapres

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah Selanjutnya

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah