pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Anwar Abbas dukung pasangan Anies-Muhaimin pada Pemilu 2024

Mataram targetkan partisipasi masyarakat 80 persen di Pemilu 2024
Arsip foto - Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Anwar Abbas memberi keterangan pers usai membuka Rakernas Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) PP Muhammadiyah 2022-2027 di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Sabtu (29/7/2023). ANTARA/Sumarwoto
Jakarta (ANTARA) - Tokoh senior organisasi Islam Muhammadiyah Anwar Abbas menyatakan dukungannya kepada pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar pada Pemilu 2024.

"Saya termasuk orang yang mendukung Anies dan Muhaimin secara ideologis," katanya saat menjadi pembicara dalam kegiatan Silaturahmi Nasional Relawan Garda Matahari di Jakarta, Jumat.

Anwar menjelaskan pemilih di Indonesia ada beberapa kriteria, di antara pemilih atau pendukung yang ikut-ikutan, pemilih loyalis, pemilih pragmatis, dan pemilih ideologis.

Baca juga: Anies dan Muhaimin hadiri silaturahmi nasional garda matahari

Dia juga mengingatkan para pendukung Anies-Muhaimin untuk tidak menjelekkan pasangan calon lain, serta meminta untuk menjaga persatuan dan kesatuan di Indonesia.

"Kita berusaha menang, tetapi tidak usah menjelekkan, tampil dengan elegan dan bermartabat," katanya menegaskan.

Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menghadiri Silaturahmi Nasional Relawan Garda Matahari di Jakarta, Jumat.

"Walaupun jumlahnya sedikit, tapi ini merupakan tokoh-tokoh utama dalam tanda kutip mayoritas Muhammadiyah," kata Kordinator Nasional Garda Matahari Azrul Tanjung.

Baca juga: Anies dan Muhaimin hadiri konsolidasi nasional pemenangan PKB

Dalam kegiatan itu, hadir tokoh senior sekaligus Ketua Pengurus Pusat Muhamadiyah Anwar Abbas. Selain itu, hadir pula 30 pimpinan wilayah Muhammadiyah dan 23 perwakilan Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang diwakili rektor dan wakil rektor, perwakilan organisasi perempuan Muhammadiyah ('Aisyiyah) dari Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Walaupun ini tidak resmi dari Muhammadiyah, tetapi ini representatif," ujar Azrul yang juga Ketua Majelis Lingkungan Hidup PP Muhammadiyah.

Bahkan, Azrul juga menyentil Anwar Abbas dengan mengatakan tidak bisa lagi menghindar untuk mendukung pasangan Anies-Muhaimin.

"Sekarang Buya Anwar tidak bisa menghindar, yang awalnya malu-malu, setengah netral, sekarang tidak netral," katanya.

Baca juga: Timnas: Kebebasan berpendapat jadi komitmen pasangan AMIN

KPU RI pada 13 November 2024 telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil Pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa, (14/11), pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Cak Imin serukan perubahan menuju Indonesia adil dan beradab
Baca juga: Anwar Abbas soal tanggapan Hamas menyerang Israel: Itu tidak adil
Pewarta:
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023
Temukan kekurangan logistik pemilu, ini sikap Bawaslu Kab Serang Sebelumnya

Temukan kekurangan logistik pemilu, ini sikap Bawaslu Kab Serang

114 TPS terdampak banjir Demak gelar pemungutan suara susulan Selanjutnya

114 TPS terdampak banjir Demak gelar pemungutan suara susulan