pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

PGPI undang tiga paslon peserta Pilpres 2024 hadiri Mubes IX

Mataram targetkan partisipasi masyarakat 80 persen di Pemilu 2024
Ketua Umum PGPI Jason Balompapueng menyambut anggota Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Hashim Djojohadikusumo, saat tiba di Gereja Bethel Indonesia Mawar Saron, Jakarta Utara, Jakarta, Kamis (30/11/2023). ANTARA/Abdu Faisal.
Jakarta (ANTARA) - Persekutuan Gereja-Gereja Pentakosta Indonesia (PGPI) memberikan porsi sama bagi ketiga pasangan calon peserta Pilpres 2024 dengan mengundang hadir pada Musyawarah Besar (Mubes) PGPI IX di Gereja Bethel Indonesia Mawar Saron, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis.

Ketua Umum PGPI Jason Balompapueng mengatakan gereja dan rumah ibadah agama lain dilarang memfasilitasi kampanye bagi pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk Pemilu 2024.

"Kami tetap menjaga netralitas, tidak berkampanye. Karena itu, tiga-tiganya kami undang untuk hadir dan mendapat porsi waktu sama semuanya," kata Jason usai menerima kedatangan anggota Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Hashim Djojohadikusumo, di GBI Mawar Saron, Jakarta Utara, Kamis.



Hashim, yang datang mewakili capres nomor urut 2 Prabowo Subianto, tiba di GBI Mawar Saron sekitar pukul 11.07 WIB, dengan menggunakan mobil bernomor polisi B 200 AHD.

Dengan mengenakan setelan kemeja batik bermotif garis dan celana bahan berwarna hitam, adik Prabowo itu langsung meminta maaf jika waktu kedatangannya dinilai terlambat.

"Sorry, terlambat tujuh menit," kata Hashim kepada Pendeta Jason dan anggota PGPI yang menyambutnya di halaman GBI Mawar Saron.

Jadwal kedatangan Hashim diagendakan berlangsung sampai pukul 12.00 WIB.

Baca juga: Hari ketiga kampanye, Ganjar serap aspirasi PGPI di Jakarta Utara

Sebelumnya, capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo telah lebih dulu menyambangi GBI Mawar Saron, Kamis, sekitar pukul 08.40 sampai 09.30 WIB.

Ganjar tiba di GBI Mawar Sharon dengan menggunakan kendaraan roda empat bernomor polisi B 1573 DOE.

"Saya hadir di PGPI kegiatan musyawarah serta untuk mendapatkan bagaimana agar dapat berkontribusi untuk kelompok-kelompok agama, kelompok-kelompok masyarakat, tentu banyak catatan dari PGPI," kata Ganjar kepada awak media di GBI Mawar Saron, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Ganjar, yang memakai kemeja hitam dengan celana bernuansa coklat dengan perpaduan warna putih, tampak tidak didampingi oleh cawapres Muhammad Mahfud MD.

Baca juga: Hari ke-3 kampanye, Prabowo tak cuti temui PM Anwar di Malaysia

Sementara itu, capres nomor urut 1 Anies Baswedan juga dijadwalkan akan menyampaikan seminar kebangsaan pada acara Mubes PGPI IX di GBI Mawar Sharon, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis.

Berdasarkan agenda informasi dari Kedeputian Media dan Komunikasi Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies-Muhaimin (AMIN) pada Rabu malam (29/11), Anies dijadwalkan hadir di GBI Mawar Saron, Kamis, pukul 13.00 sampai 14.00 WIB.

Larangan berkampanye di tempat ibadah tercantum dalam Pasal 280 Ayat (1) huruf h Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, yang mengatur bahwa pelaksana, peserta, dan tim kampanye dilarang menggunakan fasilitas pemerintah, tempat ibadah, dan tempat pendidikan.

Baca juga: TKN: Prabowo-Gibran hadirkan tiga solusi bagi anak muda di kampanyenya

Terdapat sanksi pidana jika melanggar peraturan kampanye di tempat ibadah tersebut, yakni pidana penjara paling lama dua tahun dan denda paling banyak Rp 24 juta, seperti diatur di Pasal 521 UU Pemilu.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, serta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Sementara itu, masa kampanye ditetapkan mulai Selasa (28/11) hingga tanggal 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Prabowo terima kunjungan pesohor, dari Cipung hingga Iko Uwais
Pewarta:
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023
Ganjar sambangi PWI bahas program kerja-kemerdekaan pers Sebelumnya

Ganjar sambangi PWI bahas program kerja-kemerdekaan pers

Angka partisipasi pemilih di Muna Barat capai 87, 36 persen Selanjutnya

Angka partisipasi pemilih di Muna Barat capai 87, 36 persen