pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Bawaslu DKI kumpulkan bukti dugaan APDESI dukung capres-cawapres

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu DKI Jakarta Benny Sabdo saat ditemui di Kantor Bawaslu DKI Jakarta, Selasa (28/11/2023). ANTARA/Suci Nurhaliza

Jakarta (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi DKI Jakarta mengumpulkan bukti dugaan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI)
mendukung salah satu pasangan calon presiden dan calon wakil presiden.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Provinsi DKI Jakarta Benny Sabdo saat ditemui di Jakarta pada Selasa mengatakan, pihaknya hari ini kembali mendatangi pengelola GBK guna mendapatkan dokumentasi kegiatan Desa Bersatu yang berlangsung Minggu (19/11) dan dihadiri calon wakil presiden (cawapres) nomor urut dua Gibran Rakabuming.

"Kami minta dokumentasi, pasti kan di tempat itu ada CCTV dan segala macam. Ini dalam rangka menggali atau mengumpulkan segala informasi dan petunjuk yang relevan terkait kasus ini," kata Benny.

Bawaslu DKI telah melakukan penelusuran sejak Rabu (22/11). Timnya sudah mendatangi pengelola GBK dan menemukan ada pengajuan izin oleh Sunan Bukhari selaku Wakil Ketua Umum APDESI.

"Menurut keterangan dari pihak pengelola GBK, memang tim ini sangat cepat (dalam mengajukan izin). Lalu H-1 atau Sabtu (18/11) malam, mereka melakukan 'technical meeting' dipandu oleh Pak Sunan," ujar Benny.

Baca juga: Satpol PP: Penurunan alat peraga kampanye harus sesuai arahan Bawaslu

Selain itu, Benny mengatakan, ada pemberitahuan ke Mabes Polri guna mendapatkan pengamanan kegiatan.

Lalu pada Kamis (23/11), pihaknya mendatangi kantor DPP APDESI di Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Namun berdasarkan keterangan RT dan RW setempat, kantor tersebut kosong dan sudah tidak ada aktivitas.

"Itu benar kantor APDESI, DPP-nya. Tapi sudah lama kosong, kita tidak dapat informasi," kata Benny.

Benny mengatakan, pihaknya belum bisa memanggil pengurus APDESI secara langsung karena belum ada perintah dari Bawaslu RI.

"Bawaslu minta kami menelusuri, artinya kami aktif mendatangi dan sebagainya. Kami masih menelusuri dengan mencoba segala kontak yang ada, kalau masih buntu memang perlu tindakan pemanggilan, tapi kami akan konsultasikan (ke Bawaslu RI)," tuturnya.

Baca juga: Mahasiswa DKI diajak ikut awasi Pemilu 2024

Benny mengatakan, pihaknya telah mengantongi beberapa dokumen seperti surat permohonan izin menggunakan arena di GBK, susunan acara, surat pemberitahuan ke Mabes Polri serta video kegiatan yang diunggah oleh Anggota DPR RI Mardani Ali Sera di media sosial.

Selain itu, kata dia, Panitia Pengawasan Pemilu (Panwaslu) yang bertugas mengawasi langsung kegiatan tersebut juga mendapati bahwa kegiatan dihadiri salah satu kepala desa dari Kabupaten Tangerang.

Meski begitu, Benny mengatakan, pihaknya masih belum bisa menarik kesimpulan. Bawaslu DKI Jakarta akan terus melakukan penelusuran dan mengumpulkan petunjuk-petunjuk yang relevan.

"Ini masih terus berjalan. Paling minggu ini kami akan menganalisa seluruh petunjuk dan informasi yang kami dapat, lalu kami laporkan ke Bawaslu RI, biar Bawaslu RI yang akan memberikan arahan lebih lanjut," ujar Benny.

Pewarta:
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023
KPU DKI minta DKI pastikan tempat logistik dan rekapitulasi pemilu Sebelumnya

KPU DKI minta DKI pastikan tempat logistik dan rekapitulasi pemilu

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran Selanjutnya

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran