pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Pengasuh Ponpes Nurul Qarnain Jember-Jatim dukung Mahfud Md

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Pengasuh pondok pesantren Nurul Qarnain KH. Yazid Karimullah. ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi.
Jakarta (ANTARA) - Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Qarnain, Jember, Jawa Timur, KH. Yazid Karimullah menyatakan dukungan kepada tokoh nasional Mahfud Md., sebagai calon wakil presiden di Pemilu 2024.

"Tentang masalah (Pilpres) 2024, saya bulat memang saya pecinta penerusnya kiai Abdurrahman Wahid antara lain Mahfud Md. Jadi, saya mengatakan yang setulus-tulusnya," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Hal itu disampaikan Yazid saat menerima kunjungan Putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Zannubah Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid di Ponpes Nurul Qarnain, Jember, Jawa Timur.

Kiai Yazid pun menceritakan alasannya mendukung Mahfud Md. Menurutnya, pada tanggal 30 Mei 2023, Mahfud Md mengutus sekretaris yang bernama Lamam untuk datang menemui dirinya untuk meminta tolong agar melakukan istikharah.

"Meminta tolong kepada saya untuk istikharah, kalau umpama maju (cawapres) kira-kira bagaimana? Jadi tidak serta merta, bukan ambisi menjadi calon. Jadi masih tanya kepada Allah, minta petunjuk kepada Allah," ungkapnya.

Setelah istikharah, beberapa hari kemudian kiai Yazid memberikan jawaban bahwa Mahfud Md cocok dengan capres tertentu yang kemudian dilaporkan kepada utusan Mahfud itu.

"Jadi bukan seenaknya kita mendukung. Jadi, saya paling tidak minta petunjuk," ujarnya.

Pada tanggal 24 Oktober 2023, Mahfud Md datang ke pondok pesantren Nurul Qarnain, namun dalam silaturahim tersebut tidak ada sedikitpun membicarakan terkait politik.

"Beliau datang ke Nurul Qarnain tapi tidak membicarakan tentang politik sekalimat pun, nggak ada. Dengan saya nggak pernah berbicara politik pada saat datang ke sini," ungkapnya.

Kiai Yazid juga mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya atas kehadiran Yenny Wahid di ponpes tersebut.

"Kami selaku pengasuh merasa bangga dan gembira karena penerus hadratus almarhum, KH Abdurrahman Wahid hadir di tengah kita dalam rangka silaturahim," katanya.

Sementara itu, Yenny Wahid dalam kesempatan ini mengaku bangga terhadap pondok pesantren Nurul Qarnain karena menjadi salah satu pelopor Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia.

"Saya senang sekali bahwa ada pondok pesantren yang punya komitmen besar untuk mengatasi masalah dunia dengan melibatkan para santri. Masalah dunia mulai dari kelaparan, perubahan iklim, pemanasan global dan lainnya," katanya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Selasa, 14 November 2023, menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Peserta Pilpres 2024 terdiri atas pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.
Pewarta:
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2023
Survei Voxpopuli: Menguatnya dukungan Prabowo-Gibran dongkrak Gerinda Sebelumnya

Survei Voxpopuli: Menguatnya dukungan Prabowo-Gibran dongkrak Gerinda

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran Selanjutnya

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran