pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Muhaimin: Pemimpin sukses adalah yang pernah menderita

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Bakal cawapres Muhaimin Iskandar saat menyampaikan orasi kebangsaan dalam Rakorda DPD IMM DKI Jakarta di Gedung Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, Jumat (27/10/2023). ANTARA/Fath Putra Mulya/aa.
Jakarta (ANTARA) - Bakal calon wakil presiden (cawapres) usungan Koalisi Perubahan Muhaimin Iskandar meyakini bahwa pemimpin sukses adalah tokoh yang pernah melalui penderitaan di masa hidupnya.

Dalam orasi kebangsaan saat Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) DPD Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah DKI Jakarta, Jumat, Muhaimin mengatakan pemimpin dengan pengalaman gagasan hingga pergulatan hidup akan mampu memimpin Indonesia sebagai negeri yang besar, luas, dan kaya.

"Saya termasuk orang yang paling yakin bahwa pemimpin yang sukses adalah pemimpin yang pernah menderita," kata Muhaimin di Gedung Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, Jumat.

Baca juga: Din Syamsuddin dukung PKS usung Anies-Muhaimin

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menyatakan dirinya cocok berduet dengan bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan.

Dia mengaku pernah bertanya kepada Anies apakah mantan gubernur DKI Jakarta itu pernah menderita selama hidup.

"Kata Mas Anies Saya pernah hidup mbah-nya menderita. Menderita, di atas menderita, di atas menderita, dan sangat menderita, itu namanya mbah-nya menderita," kata Muhaimin.

Muhaimin menceritakan momen terberat dalam hidup Anies adalah ketika ia berkuliah ke Amerika Serikat.

Baca juga: Muhaimin tanggapi dukungan Barikade Gus Dur ke Ganjar-Mahfud

Saat itu, lanjutnya, Anies bekerja sampingan di laboratorium karena beasiswa yang dia terima tidak cukup untuk membiayai pendidikannya selama di Negeri Paman Sam itu.

"Dia harus membiayai kuliahnya dengan bekerja di laboratorium, memberi makan ulat bahan lab itu. Sehari 1.500 ulat, satu per satu dan kalau boleh nangis, ini penderitaan yang paling berat yang dia rasakan," kata Muhaimin.

Dalam orasi kebangsaannya, dia gembira berkesempatan berbagi gagasan, cita-cita, dan tugas untuk menata masa depan dengan para aktivis muda.

Muhaimin juga menegaskan bahwa Indonesia tidak boleh dibiarkan berjalan tanpa arah yang jelas.

"Negeri ini tidak boleh kita biarkan berjalan tanpa arah yang jelas dan satu-satunya yang berhak sekaligus bisa dipercaya memimpin negeri ini adalah para aktivis-aktivis kayak saudara-saudara sekalian ini," ujarnya.

Baca juga: Muhaimin sebut dana abadi pesantren sudah diperjuangkan sejak 2021
Pewarta:
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023
Yenny Wahid tegaskan ibunya tak terlibat politik praktis Sebelumnya

Yenny Wahid tegaskan ibunya tak terlibat politik praktis

KPU Kulon Progo tunggu putusan MK untuk tetapkan caleg terpilih Selanjutnya

KPU Kulon Progo tunggu putusan MK untuk tetapkan caleg terpilih