pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Puan harap Kasad Agus jaga netralitas TNI AD pada Pemilu 2024

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Arsip foto - Ketua DPR RI Puan Maharani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (4/8/2023). ANTARA/Melalusa Susthira K/am.
Jakarta (ANTARA) - ​​​Ketua DPR RI Puan Maharani berharap Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Agus Subiyanto yang baru saja dilantik Presiden Joko Widodo dapat menjaga netralitas TNI AD di tahun politik jelang Pemilu 2024.

"Saya berharap Kasad Agus Subiyanto bisa menjaga anak buahnya agar netral dalam pileg dan pilpres mendatang. Pastikan tidak ada satupun prajurit TNI AD yang terlibat politik praktis dan tegas memberi sanksi apabila ada yang melakukan pelanggaran," kata Puan dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Puan juga mengingatkan agar Kasad Agus memastikan prajurit TNI AD tidak terlibat ke dalam politik praktis.

"Prajurit TNI tidak boleh terlibat dalam politik praktis atau menjadi alat politik dari kelompok atau partai manapun. Kasad yang baru perlu memastikan bahwa semua prajurit memahami peran TNI dalam mendukung sistem demokrasi di Indonesia dan tidak terlibat dalam politik praktis," ujarnya.

Untuk itu, Puan meminta semua prajurit TNI AD bekerja profesional saat membantu menjaga pelaksanaan Pemilu 2024, sehingga berlangsung secara kondusif di seluruh wilayah Tanah Air.

Baca juga: Kasad Agus sebut perlu konsep kolaborasi tangani Papua

Baca juga: Mengenal Jenderal Agus Subiyanto, Kasad baru pengganti Dudung


"Saya yakin Jenderal Agus Subiyanto merupakan pemimpin teladan yang dapat memberikan contoh kepada seluruh prajurit TNI AD untuk menjunjung tinggi netralitas demi terciptanya pileg dan Pilpres 2024 yang damai dan gembira bagi masyarakat," tuturnya.

Dia menekankan pula agar Kasad Agus memastikan pembekalan prajurit dilakukan secara cermat sehingga dapat memahami teknis tugas mereka ketika berada di lapangan.

"Kasad yang baru memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkan prajurit yang netral dan berkualitas. Semoga kepemimpinan Jenderal Agus menjadi tonggak penting dalam menjaga netralitas prajurit dan keutuhan bangsa," ujarnya.

Puan meyakini TNI AD di bawah kepemimpinan eks Komandan Paspampres (Danpaspampres) itu akan semakin memberikan pengabdian terbaiknya untuk rakyat Indonesia.

"Dengan berbagai jabatan strategis yang pernah di emban Jenderal Agus, saya meyakini bahwa TNI AD ke depannya akan lebih baik lagi dalam menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah dan keselamatan bangsa," ujar dia.

Lebih lanjut, dia berharap para prajurit TNI AD dapat semakin meningkatkan profesionalitas sebagai alat pertahanan negara maupun dalam mengemban tugas lainnya.

"TNI bukan hanya soal alat pertahanan negara saja, tapi juga berperan dalam membantu berbagai kesulitan masyarakat yang masuk dalam tugas operasi militer non-perang. Prajurit TNI AD harus meningkatkan rasa asih, asah, dan asuh untuk rakyat Indonesia," ucapnya.

Terakhir, Puan turut mengucapkan selamat atas pelantikan Agus Subiyanto sebagai Kasad baru menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurahman yang akan segera memasuki masa pensiun.

Baca juga: Presiden perintahkan Kasad jaga situasi kondusif selama Pemilu

"Atas nama pribadi dan atas nama DPR saya ucapkan selamat bertugas kepada Jenderal Agus Subiyanto sebagai Kasad yang baru. Semoga di bawah kepemimpinan Jenderal Agus, TNI AD semakin kuat, kompak dan tetap maju demi menjaga keutuhan NKRI," kata Puan.

Sebelumnya, Agus Subiyanto dilantik sebagai Kasad oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu, menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang akan purnabakti pada 19 November 2023.

Agus Subiyanto merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1991 dan meniti kariernya sebagai seorang perwira pertama di lingkungan Korps Baret Merah (Kopassus). Agus pernah mendampingi Dudung sebagai wakil kasad sejak tahun 2022.

Agus juga pernah bertugas sebagai Komandan Kodim (Dandim) 0735/Surakarta (2009-2011) dan menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) periode 2020-2021. Agus merupakan salah satu perwira TNI yang berada di lingkaran dekat Jokowi sejak menjabat sebagai Wali Kota Surakarta.
Pewarta:
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023
KPU RI umumkan pendaftaran bacapres-cawapres telah berakhir Sebelumnya

KPU RI umumkan pendaftaran bacapres-cawapres telah berakhir

MK putuskan tidak terima gugatan PHPU Pileg PPP Dapil Jatim Selanjutnya

MK putuskan tidak terima gugatan PHPU Pileg PPP Dapil Jatim