pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Prabowo: Dinasti politik adalah hal yang biasa

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Prabowo Subianto (dua kiri) didampingi Ketua umum PSI Kaesang Pangarep (kiri), Sekjen PSI Raja Juli Antoni (dua kanan) dan Ketua Umum Partai Glora Anis Matta (kanan) memberi keterangan kepada awak media setelah menghadiri acara deklarasi dukungan PSI di Jakarta Theatre, Jakarta Pusat, Selasa (24/10/2023). ANTARA/Hendri Sukma Indrawan/aa.
Kalau lo boleh, kalau kita enggak boleh? Enak aja
Jakarta (ANTARA) - Bakal calon presiden Koalisi Indonesia Maju sekaligus Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto menyatakan bahwa dinasti politik merupakan hal yang biasa.

"Jadi, berkali-kali ini untuk pendidikan bangsa, dinasti politik itu adalah sesuatu yang wajar. Kalau kita jujur, Anda lihat di semua partai, termasuk PDIP, ada dinasti politik dan itu tidak negatif," kata Prabowo saat berbicara dengan awak media setelah acara deklarasi dukungan oleh PSI di Jakarta Theatre, Jakarta, Selasa.

Hal ini disampaikan Prabowo untuk menanggapi banyaknya kritik yang ditunjukkan kepada bakal calon wakil presiden (cawapres) pendampingnya, Gibran Rakabuming Raka, yang dianggap merepresentasikan dinasti politik keluarga Presiden Joko Widodo.

Prabowo mengaku selalu bangga mengatakan bahwa dirinya adalah putra dari Soemitro Djojohadikoesoemo, ekonom dan politikus Indonesia. Prabowo juga bangga pada kakeknya, Margono Djojohadikoesoemo, pendiri Bank Negara Indonesia.

"Saya dari dinasti politik, saya putranya Soemitro Djojohadikoesoemo, saya cucunya Margono Djojohadikoesoemo. Kami dinasti dalam arti keluarga, kami selalu berjuang untuk rakyat," ujarnya.

Baca juga: Prabowo: Saya dinasti merah-putih cinta tanah air

Ia juga mengungkapkan bahwa dua pamannya juga telah berkorban untuk Indonesia sehingga ia meminta semua pihak untuk mengambil pengertian positif dari dinasti politik.

"Dua adik orang tua saya gugur untuk Republik Indonesia. Jadi, kita ambil pengertian positif dari pengertian dinasti politik adalah keluarga patriotik, keluarga yang ingin berbakti kepada bangsa dan negara. Salahnya apa? Jangan dipolitisasi," tambahnya.

Prabowo justru berterima kasih kepada ayah dan kakeknya yang telah mendidik dirinya untuk berbakti kepada bangsa.

Menurut Prabowo, banyak pihak yang ingin mencari celah dari dirinya dan Gibran yang berpasangan sebagai bakal capres-cawapres. Bahkan, ada pihak yang menyebut Gibran terlalu muda, ada pula yang menilai Prabowo terlalu tua.

"Yang satu terlalu muda, satu terlalu tua, jadi yang benar yang mana? Yang benar lo aja. Kalau lo boleh, kalau kita enggak boleh? Enak aja,” kata Prabowo.

Baca juga: PSI resmi deklarasi dukung Prabowo dan Gibran di Pilpres 2024

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) resmi mendukung bakal capres-cawapres Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pemilu 2024.

Deklarasi dukungan itu disampaikan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep dalam acara "Konser Pilpres Santuy: OJO Rungkad" yang digelar PSI di Jakarta, Selasa malam.

"Kami Partai Solidaritas Indonesia mendukung Prabowo Subianto dan Mas Gibran Rakabuming Raka sebagai capres dan cawapres 2024," ujar Kaesang.

Deklarasi itu disambut meriah para kader yang hadir. Selain Prabowo, sejumlah petinggi partai dari KIM turut hadir dalam acara deklarasi itu.

Baca juga: Petinggi KIM rapat persiapan pendaftaran Prabowo-Gibran ke KPU RI
Baca juga: LSI Denny JA: Prabowo-Gibran unggul pada pemilih puas kinerja Jokowi
Baca juga: Prabowo sudah minta waktu bertemu Megawati Soekarnoputri
Pewarta:
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023
Kirab Budaya serta relawan antar Prabowo-Gibran daftar ke KPU RI Sebelumnya

Kirab Budaya serta relawan antar Prabowo-Gibran daftar ke KPU RI

Ketua MK tanya Ketua KPU soal dampak pelanggaran etik KPPS Selanjutnya

Ketua MK tanya Ketua KPU soal dampak pelanggaran etik KPPS