pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

KPU libatkan BNN tes kesehatan bacapres/cawapres di RSPAD

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Anggota KPU RI Idham Holik. ANTARA/Cahya Sari.
Kalau untuk pemeriksaan kesehatan, sepenuhnya dilakukan oleh dokter.

Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) melibatkan Badan Narkotika Nasional (BNN) saat tes kesehatan bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden pada hari Sabtu (21/10) di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto.

"Pemeriksaan kesehatan, jasmani dan rohani, di RSPAD Gatot Soebroto. Untuk pemeriksaan bebas narkoba oleh BNN, juga di rumah sakit tersebut," kata anggota KPU RI Idham Holik saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Idham mengatakan bahwa KPU RI juga mengerahkan sejumlah petugas untuk memastikan tes kesehatan bisa berjalan lancar dan nyaman.

"Ya, petugas-petugas KPU yang dipersiapkan untuk membantu pemeriksaan untuk membantu dalam artian memperlancar dan memastikan situasinya nyaman. Kalau untuk pemeriksaan kesehatan, sepenuhnya dilakukan oleh dokter," ujarnya.

Tes kesehatan bakal pasangan calon presiden/wakil presiden yang sebelumnya telah mendaftarkan diri ke KPU RI dijadwalkan berlangsung pada hari Sabtu pukul 07.00 WIB.

"Pemeriksaan kesehatan untuk bakal pasang calon yang daftar pertama, itu dilakukan pada pagi hari. Mereka bakal pasangan calon presiden/wakil presiden tersebut wajib puasa, ya, puasa, tidak makan, minimal selama 8 jam sebelum pemeriksaan dimulai," jelasnya.

Baca juga: KPU: Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud jalani tes kesehatan pekan ini
Baca juga: KPU belum terima surat pendaftaran capres-cawapres Koalisi Prabowo

Sebelumnya, KPU RI menjadwalkan pasangan calon presiden/wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD pada akhir pekan ini, pada tanggal 21 dan 22 Oktober 2023 di RSPAD Gatot Subroto.

"Berdasarkan pembicaraan rapat antara KPU dengan tim pemeriksa kesehatan di RSPAD Gatot Subroto, bagi bakal pasangan calon yang didaftarkan pada kesempatan pertama itu akan dilakukan pemeriksaan kesehatan di RSPAD pada hari Sabtu (21/10)," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari usai pendaftaran bakal pasangan calon presiden/wakil presiden di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis (19/10).

Adapun pasangan Anies-Cak Imin resmi mendaftarkan diri ke KPU RI pada hari pertama, Kamis (19/10). Mereka menjadi bakal pasangan calon pertama yang mendaftar sebagai calon peserta Pilpres 2024.

Untuk itu, Anies-Cak Imin akan menjalani tes kesehatan pada hari Sabtu (21/10). Sementara itu, Ganjar-Mahfud menjadi pasangan calon kedua yang mendaftar maka pemeriksaan kesehatannya pada hari Minggu (22/10).

Pada hari Selasa (17/10), Kepala RSPAD Gatot Soebroto Albertus Budi Sulistya juga telah memastikan tidak akan ada kecurangan dalam tes kesehatan terhadap bakal pasangan calon.

"Semangat kami adalah profesionalisme, yang kedua independensi, ketiga dapat dipercaya. Prinsip itu yang kami jaga sehingga tidak akan ada kecurangan," kata Budi Sulistya usai menghadiri rapat tertutup di Gedung KPU RI, Jakarta, Selasa (17/10).

Menurut dia, mandat yang diberikan KPU RI untuk melakukan tes kesehatan terhadap bakal pasangan calon bukanlah yang pertama kali. RSPAD Gatot Soebroto, kata dia, sudah memiliki modal cukup kuat untuk memastikan pelaksanaannya berjalan dengan baik.

Budi mengungkapkan bahwa pada prinsipnya bakal pasangan calon yang dinyatakan sehat adalah secara jasmani, rohani, dan juga bebas dari narkoba.

"Tiga hal itu yang menjadi ikon besar dalam pemeriksaan kesehatan ini sendiri," ucapnya.

Pewarta:
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023
Menkominfo ajak generasi Z aktif ikuti Pemilu 2024 Sebelumnya

Menkominfo ajak generasi Z aktif ikuti Pemilu 2024

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah Selanjutnya

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah