pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Relawan kenalkan sosok Ganjar lewat bakti sosial di panti jompo

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Penghuni Panti Sosial Tresna Werdha Senjarawi menunggu antrean pada pemeriksaan gratis relawan KawanJuang GP, Kamis (19/10/2023). ANTARA/HO-Pri
Kami concern sekali ke wilayah yang jarang didatangi tenaga kesehatan dari luar seperti di panti lansia ini, yang tidak tersentuh layanan kesehatan
Jakarta (ANTARA) -
Relawan bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo, KawanJuang GP, mengadakan bakti sosial di panti jompo di Kota Bandung, untuk memperkenalkan sosok Ganjar kepada masyarakat, Kamis (19/10).
 
Kegiatan yang diikuti 143 orang lanjut usia ini dilakukan di Panti Sunarti Nasution di Gegerkalong dan Panti Sosial Tresna Werdha Senjarawi di Jalan Jeruk, Kota Bandung.
 
"Kami concern sekali ke wilayah yang jarang didatangi tenaga kesehatan dari luar seperti di panti lansia ini, yang tidak tersentuh layanan kesehatan," kata Koordinator acara Benny Kurniadi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (19/10).
 
Pemeriksaan kesehatan terhadap penghuni panti jompo mencakup tekanan darah, asam urat, kolestrol dan gula darah terhadap penghuni panti yang berumur antara 65 hingga 94 tahun.
 
Benny mengungkapkan pengurus panti berharap agar kegiatan seperti ini dilakukan secara berkala. Rata-rata penghuni panti tidak memiliki keluarga sehingga menghabiskan masa senjanya jauh dari orang-orang tercinta.

Baca juga: Relawan Kawan Juang gelar jalan sehat Ganjar Pranowo di Bandung

Baca juga: Relawan Ganjar Pranowo gelar pengobatan gratis di DKI dan Jabar
 
Selama ini juga tidak ada tenaga kesehatan yang rutin datang berkunjung. "Kalau ada masalah, baru memanggil dokter," katanya,
 
Benny mengatakan penghuni panti lansia memiliki hak suara dan nama mereka juga tercantum dalam daftar pemilih tetap.
 
Namun lokasi tempat pemungutan suara (TPS) yang agak jauh dari panti membuat para lansia kesulitan untuk menjangkaunya.
 
"Petugas di TPS tidak melakukan jemput bola ke panti-panti, sedangkan kakek dan nenek penghuni panti kesulitan mendatangi lokasi TPS," kata Benny..
 
Dia pun berharap pada pemilu kali ini, petugas TPS bisa mendatangi panti jompo, karena meski sudah berusia lanjut antusiasme penghuni panti lansia terhadap pemilu masih tinggi.
 
Selain bakti sosial di panti jompo, relawan KawanJuang GP menggelar acara serupa di Pondok Betung, Tangerang Selatan. Pemeriksaan kesehatan gratis tersebut diikuti oleh 150 warga sekitar.
 
Relawan KawanJuang GP juga membagikan nasi bungkus sebanyak 300 buah kepada masyarakat di sekitar Jakarta Selatan dan Tangerang Selatan.
 
Menurut koordinator acara, Adi Nugroho, nasi bungkus dibagikan gratis kepada masyarakat yang sebagian besar bekerja di sektor informal.

Baca juga: Relawan KawanJuang GP kenalkan Ganjar melalui senam-jalan sehat

Baca juga: Relawan Ganjar adakan pelatihan membuat foto produk untuk UKM Bogor
Pewarta:
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023
Prabowo janji kepada relawan fokus tekan kemiskinan Sebelumnya

Prabowo janji kepada relawan fokus tekan kemiskinan

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah Selanjutnya

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah