pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

DPR nilai Idul Fitri momentum bersatu kembali usai Pemilu 2024

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Tangkapan layar - Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi dalam wawancara TVR Parlemen. ANTARA/Agatha Olivia Victoria.
Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi menilai Hari Raya Idul Fitri kali ini merupakan momentum untuk semua pihak agar bersatu kembali usai Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Menurutnya, momen lebaran tahun ini terasa cukup istimewa karena dilaksanakan usai Pemilu 2024.

"Bulan Ramadhan kali ini terasa istimewa karena kita harus bersyukur pelaksanaan pemilu presiden dan pemilu legislatif sebagai salah satu pesta demokrasi tersebar dunia berhasil kita laksanakan," ucap Ashabul dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Anggota DPR RI berikan bantuan korban banjir lahar Marapi

Apalagi, dirinya berpendapat momen lebaran tahun ini juga istimewa karena bisa dirayakan bersama-sama secara serentak, baik antara Muhammadiyah dan Pemerintah.

Ashabul menuturkan Kementerian Agama (Kemenag) telah menunjukkan perannya sebagai lokomotif toleransi dengan memastikan perbedaan tidak menjadi perpecahan, sehingga upaya tersebut patut diapresiasi dan menjadi contoh bagi seluruh pihak.

"Sebagai insan yang beriman kita semua harus mensyukuri hal itu, caranya mari satu padukan lagi pikiran kita hanya untuk Indonesia tercinta," katanya.

Untuk itu, ia berharap seluruh pihak bisa menghindari rasa saling curiga, saling menyalahkan, serta berkata kotor, agar semua bisa saling merangkul sebagai sesama saudara sebangsa.

"Karena sesungguhnya musuh kita jelas adalah kemiskinan, kebodohan, dan keterbelakangan dalam bidang teknologi. Bukan karena perbedaan paham dan cara pandang," ujar Ashabul menekankan.

Sebelumnya, Kemenag menetapkan 1 Syawal 1445 Hijriah atau Idul Fitri 2024 Masehi jatuh pada Rabu (10/4) setelah diputuskan melalui sidang isbat yang digelar di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Selasa (9/4).

"Berdasarkan hisab posisi hilal wilayah Indonesia yang sudah masuk kriteria MABIMS, serta adanya laporan hilal yang terlihat, disepakati bahwa 1 Syawal tahun 1445 Hijriah jatuh pada Hari Rabu, 10 April 2024 Masehi," ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi pers penetapan sidang Isbat.

Dengan penetapan ini maka dipastikan 1 Syawal 1445 Hijriah antara keputusan pemerintah, termasuk Nahdlatul Ulama, dengan Muhammadiyah jatuh pada hari yang sama.

Baca juga: DPR ingatkan pemerintah permudah pengiriman barang PMI saat Lebaran
Baca juga: DPR harap tak ada lagi calo tiket di pelabuhan saat mudik Lebaran
Baca juga: Anggota DPR RI bagi sembako ke ratusan "Pasukan Kuning" di Bukittinggi
Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024
Erdogan ucapkan selamat atas kemenangan Prabowo, tak lupa kirim doa Sebelumnya

Erdogan ucapkan selamat atas kemenangan Prabowo, tak lupa kirim doa

DKPP beri sanksi peringatan ke KPU atas kebocoran DPT Pemilu 2024 Selanjutnya

DKPP beri sanksi peringatan ke KPU atas kebocoran DPT Pemilu 2024