pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Debat Capres, Ganjar paparkan visi pemerataan pembangunan SDM nasional

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Capres nomor urut dua Prabowo Subianto (kanan) dan Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (kiri) saling memegang bahu usai beradu gagasan dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). Debat perdana tersebut mengangkat topik pemerintahan, hukum HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, serta peningkatan layanan publik dan kerukunan warga. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.
Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo memaparkan visi pemerataan pembangunan nasional dengan memastikan sumber daya manusia (SDM) di seluruh penjuru Indonesia bisa mendapatkan akses yang sama untuk pendidikan dan pekerjaan.

"Kami ingin membangun Indonesia yang hebat, dengan SDM yang unggul; tetapi, apakah kita sudah memperhatikan mereka semua?" kata Ganjar dalam Debat Capres Pemilu 2024 di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta, Selasa.

Ganjar mengatakan visi pemerataan pembangunan tersebut didasarkan pada perjalanan kampanyenya yang dimulai dari Merauke dan cawapres Mahfud MD yang memulai dari Sabang.

Dalam perjalanan ke Nusa Tenggara Timur (NTT), Ganjar mengaku bertemu dengan pemuda setempat yang kesulitan mendapatkan pekerjaan dan kesulitan akses internet untuk belajar.

Baca juga: TPN: Debat capres ibarat makanan sehari-hari Ganjar

Pertemuan dengan para pemuda itu juga yang memberikan ide untuk menyediakan fasilitas internet gratis untuk para pelajar, sebagai salah satu langkah menuju pemerataan pembangunan SDM.

Kelompok difabel juga tak luput dari perhatian Ganjar. Menurut dia, pemerintah harus memberikan akses dan mengakomodasi para penyandang disabilitas agar bisa memberikan kontribusi dalam membangun bangsa dan negara.

Pembangunan SDM juga tidak mungkin bisa dipisahkan dengan peran guru. Namun, yang jarang diperhatikan adalah para guru agama dan guru ngaji.

Padahal, kata Ganjar, peran tenaga pendidik itu sangat vital dalam membangun moral para pemuda generasi penerus bangsa.

"Kami memerhatikan nasib para guru, termasuk guru agama; insentif kepada mereka kami berikan agar mereka bisa mengajarkan budi pekerti yang luhur dengan moderasi agama yang ada," ujar Ganjar.

Baca juga: Hasto: Ganjar-Mahfud tekankan pentingnya keadilan hukum saat debat
Pewarta:
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023
Polisi apresiasi ketertiban pendukung saat menyimak debat di KPU RI Sebelumnya

Polisi apresiasi ketertiban pendukung saat menyimak debat di KPU RI

MK mulai gelar sidang perdana perkara PHPU Pileg 2024 Selanjutnya

MK mulai gelar sidang perdana perkara PHPU Pileg 2024