Polisi harap Sofyan Jacob hadiri pemeriksaan Senin 17 Juni 2019

KPU targetkan santunan 542 petugas KPPS se-Indonesia tuntas tahun ini
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Argo Yuwono (kanan) dan Wadir Krimum Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Ade Ary Syam Indradi (kiri) memberikan pernyataan kepada awak media di RS Polri Raden Said Sukanto, Jakarta, Sabtu (15/6/2019). ANTARA/Ricky Prayoga/aa
Kami harap beliau bisa hadir Senin nanti, kita akan lakukan pemeriksaan sebagai tersangka."
Jakarta (ANTARA) - Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (Polda Metro Jaya) berharap tersangka dugaan perbuatan makar Sofyan Jacob bisa menghadiri pemeriksaannya pada Senin tanggal 17 Juni 2019 mendatang.

"Memang besok tanggal 17 Juni kita agendakan pemeriksaan pak Sofyan Jacob, kita kirimkan surat panggilannya, harapannya pak Sofyan bisa hadir," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono di RS Polri Raden Said Sukanto, Jakarta, Sabtu.

Argo mengatakan surat pemanggilan itu merupakan surat kedua yang dikirimkan penyidik pada mantan Kapolda Metro Jaya tersebut dan jika hadir, Sofyan akan menjalani pemeriksaan perdana sebagai tersangka.

"Kami harap beliau bisa hadir Senin nanti, kita akan lakukan pemeriksaan sebagai tersangka," ucap Argo menambahkan.

Setelah ditetapkan sebagai tersangka dugaan makar, Sofyan Jacob dijadwalkan menjalani pemeriksaan perdananya pada Senin 17 Juni 2019 setelah sebelumnya tidak hadir dalam pemanggilan pertama pada 10 Juni 2019 karena alasan kesehatan.

Dari pemeriksaan saksi sebelum penetapan tersangka, Sofyan diduga telah melakukan makar kerena ucapannya dalam sebuah rekaman video.

Sofyan disangka melanggar Pasal 107 KUHP dan/atau 110 KUHP juncto Pasal 87 KUHP dan/atau Pasal 14 Ayat (1) dan Ayat (2) dan/atau Pasal 15 Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Mantan Kapolda Metro Jaya itu diduga melakukan kejahatan terhadap keamanan negara atau makar, menyiarkan suatu berita yang dapat menimbulkan keonaran di kalangan masyarakat, atau menyiarkan kabar yang tidak pasti.

Pertimbangan Polda Metro Jaya tangguhkan penahanan Eggi Sudjana

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019
KPU: Penetapan caleg terpilih tunggu penyelesaian sengketa di MK Sebelumnya

KPU: Penetapan caleg terpilih tunggu penyelesaian sengketa di MK

NasDem siap mengawal visi-misi Presiden Jokowi periode kedua Selanjutnya

NasDem siap mengawal visi-misi Presiden Jokowi periode kedua