counter

Danrem 174/ATW pimpin tim investigasi gabungan ke Fayit

Pemkab Batang tutup wisata yang tidak terapkan protokol kesehatan
Kapendam XVII Cenderawasih Kol Inf Muhamad Aidi. ANTARA/Evarukdijati/aa
Jayapura (ANTARA) - Komandan Daerah Resort Militer (Danrem) 174/ Anim Ti Waninggap (ATW) Brigjen TNI Agus Abdul Rauf, Selasa (28/5), memimpin tim investigasi gabungan ke Fayit, Kabupaten Asmat, untuk menyelidiki penyebab insiden yang menyebabkan lima warga tertembak, empat diantaranya meninggal.

Kepala Penerangan Komando Daerah Militer (Kapendam) XVII Cenderawasih Kol Inf Muhamad Aidi kepada Antara, Selasa, mengatakan, tim berangkat dengan menggunakan helikopter dari Jayapura ke Timika dan melanjutkan perjalanan ke Asmat.

Dari Asmat tim menggunakan perahu motor ke Fayit, kata Aidi, yang dihubungi dari Jayapura dan mengaku baru tiba di Timika dan akan melanjutkan perjalanan ke Asmat.

Tim gabungan yang juga melibatkan Polda Papua dan Perwakilan Komnas Ham itu selama di Fayit akan mengumpulkan berbagai keterangan terkait insiden tersebut.

Sebelumnya dari laporan yang diterima, insiden itu berawal saat sekitar 350 orang mendatangi kantor Distrik Fayit di pimpin JK yang tidak terima gagal duduk di DPRD Asmat.

Ratusan massa selain merusak kantor distrik juga merusak rumah anggota DPRD Asmat, Handayani yang terletak di dekat kantor distrik hingga menyebabkan anggota Koramil mendatangi dan mencoba membubarkan massa dengan mengeluarkan tembakan peringatan.

Namun, massa bukannya mundur, karena mereka kemudian menyerang anggota hingga kembali mengeluarkan tembakan, kata Aidi seraya menambahkan. Akibatnya, lima orang terkena tembakan, empat diantaranya meninggal.

Empat warga yang meninggal akibat tertembak, yakni Xaverius Sai (40 th), Nilolaus Tupa (38 th), Matias Amunep (16 th) dan Fredrikus Inepi (35 th) masih berada di Fayit, sedangkan yang mengalami luka tembak di bagian siku tangan kiri dan kanan adalah Jhon Tatai (25 tahun), yang kini dirawat di RSUD Asmat, jelas Kol Inf Aidi.

Kodam Cenderawasih Buru Prada Yotam Bugiangge kabur bawa senjata

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019
Bawaslu RI persiapkan diri beri keterangan dalam sidang MK Sebelumnya

Bawaslu RI persiapkan diri beri keterangan dalam sidang MK

Deklarasi dukungan relawan Anies Baswedan maju Pilpres 2024 Selanjutnya

Deklarasi dukungan relawan Anies Baswedan maju Pilpres 2024