pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Gubernur Olly: Semua berperan membangun NKRI

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Gubernur Sulut Olly Dondokambey (1)
Manado (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengatakan, semua warga negara berperan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Semua harus mengambil bagian membangun negeri ini. Mari kita bangkitkan nasionalisme," ajak Gubernur Olly di Manado, Selasa.

Mendorong Indonesia bangkit, Indonesia bersatu, kata dia, harus terus digelorakan agar upaya-upaya memecahkan bangsa ini tidak terjadi.

"Mari kita menjaga persatuan dan kesatuan sebagai anak bangsa," ajak Gubernur.

Gubernur mengatakan, penetapan hasil pemilu di provinsi berpenduduk lebih dari 2,5 juta jiwa itu sudah tuntas dan tinggal menunggu penetapan secara nasional.

"Masyarakat sudah saya komunikasikan, begitupun dengan semua pimpinan partai telah menerima hasil pemilu di Sulut," kata politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu.

Gubernur menegaskan, di provinsi ujung utara Sulawesi itu tidak ada "people power" bahkan partai pendukung 02 tidak mengerahkan massa ke Jakarta.

"Saya mengajak masyarakat Sulut tetap menjaga persatuan dan kesatuan, fokus kepada pembangunan, kembali bersama mendorong pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ajak Gubernur.

Sebelumnya juga ajakan membangun harmonisasi dan menjaga persatuan dan kesatuan juga diharapkan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Tomohon, Dr Rooije Rumende.

Ada dua jalur yang bisa dimanfaatkan partai politik ketika ingin membela keinginan ataupun ketidakpuasan terhadap proses pemilu.

Kedua hal itu menurut dia adalah mengadukan ke Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dan Mahkamah Konstitusi disertai dengan bukti-bukti yang bisa memperkuat dugaan terjadi pelanggaran selama proses pemilu.

Bahkan, apabila ada keberatan menyangkut netralitas penyelenggara pemilu, dapat menggunakan kanal Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).
Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019
Gubernur Olly: Perbedaan pilihan tak usah dipertajam Sebelumnya

Gubernur Olly: Perbedaan pilihan tak usah dipertajam

Pengamat: Prabowo berupaya rangkul parpol lain sesuai janji kampanye Selanjutnya

Pengamat: Prabowo berupaya rangkul parpol lain sesuai janji kampanye