counter

Deklarasi 111 tahun Kebangkitan Nasional, gemakan persaudaraan

Calon independen minimal didukung 24 ribu calon pemilih
Inisiator Deklarasi 111 Tahun Kebangkitan Nasional usai konferensi pers, di antaranya Aktris Cristine Hakim (kedua dari kiri), Gunawan Muhammad ( ketiga dari kiri), Slamet Rahardjo (keempat dari kiri), Landung Simatupang (kelima dari kiri). (M Arief Iskandar)
Acara yang akan diadakan jam 3 dimulai dari keprihatinan akan keadaan yang berkembang setelah pilpres, kami tahu setelah pilpres menimbulkan perasaan yang kadang terluka. cuma pilpres terakhir ini sangat membelah instensitasnya

Jakarta (ANTARA) - Hari Kebangkitan Nasional ke 111, diperingati dengan melaksanakan deklarasi untuk menggemakan persaudaraan dan meneguhkan persatuan dan kebersamaan sebagai bangsa di Plaza Tenggara Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin.

Inisiator Deklarasi 111 Tahun Kebangkitan Nasional Gunawan Muhammad dalam konferensi pers sebelum acara dimulai mengatakan upaya ini merupakan langkah merajut kembali persatuan ditengah masih tingginya suhu politik usai Pemilihan Presiden.

"Acara yang akan diadakan jam 3 dimulai dari keprihatinan akan keadaan yang berkembang setelah pilpres, kami tahu setelah pilpres menimbulkan perasaan yang kadang terluka. cuma pilpres terakhir ini sangat membelah instensitasnya," katanya. Hadir pula Aktris Cristine Hakim, Aktor Slamet Rahardjo dan Landung Simatupang.

Gunawan mengatakan, pemilihan presiden hanyalah agenda lima tahunan untuk memilih pemimpin negara. Dalam lima tahun mendatang, Indonesia kembali akan melaksanakan pemilihan presiden. Untuk itu, jangan sampai pemilihan presiden membuat perpecahan bagi bangsa ini.

Ia menilai, ke depan masih banyak tantangan yang harus dihadapi bangsa ini untuk bertahan. Tantangan dari sisi perkembangan teknologi, misalnya, artifisial teknologi, kemudian lingkungan hidup, perubahan iklim dan lainnya.

Aktor Slamet Raharjo yang juga menjadi inisiator tersebut menyampaikan, acara ini berupaya untuk melangkah, menyatukan kembali seluruh masyarakat dan menghilangkan sekat-sekat antar pendukung.

Untuk itulah dirinya mengusulkan tema kita semua bersaudara. Tidak ada lagi sekat-sekat dukungan, semua adalah warga bangsa. Hal ini untuk menumbuhkan kembali perasaan memiliki bangsa ini.

Komite Pengarah Deklarasi Malik Sjafei Saleh mengharapkan acara ini dapat bergema untuk memberikan dukungan saling menguatkan sebagai saudara, tidak lagi ada perpecahan, karena pekerjaan sebagai bangsa masih sangat banyak.

Sementara itu, acara yang digelar pada pukul 15.00-17.00 WIB tersebut akan diisi dengan deklarasi yang melibatkan banyak tokoh. Di antaranya Abdillah Toha, Ahmad Sahal, Albert Hadibuan, Alissa Qotrunnada Wahid, Andirn, Bara Hasibuan, dan lain-lain.

Sementara Aktor Landung Simatupang akan membacakan deklarasi yang ditulis oleh Gunawan Muhammad. Selain itu, juga diisi oleh musisi Adie MS bersama Twillite Chorus dan penyanyi Lea Siamanjuntak dengan menyanyikan lagu-lagi perjuangan dan pujian bagi negeri.

Refleksi Kebangkitan Nasional rangkai ulang satu Indonesia

Pewarta:
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019
Gubernur Sumsel ajak masyarakat terima keputusan KPU RI Sebelumnya

Gubernur Sumsel ajak masyarakat terima keputusan KPU RI

Deklarasi Santri Dukung Pemilukada Damai Selanjutnya

Deklarasi Santri Dukung Pemilukada Damai