Pemenang Lomba Swafoto Pemilu 2019 di Gorontalo segera diumumkan

Gubernur Khofifah imbau masyarakat Jatim tidak ke Jakarta
Proses penjurian lomba foto selfie dalam Pemilu 2019 digelar di rumah pintar Pemilu, oleh para dewan juri.
Gorontalo (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, segera mengumumkan para pemenang lomba swafoto di tempat pemungutan suara (TPS) dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Komisioner KPU Gorontalo Utara, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Sakria Tulabu, di Gorontalo, Kamis, mengatakan, para dewan juri telah menetapkan para pemenangnya, melalui proses seleksi atau penjurian foto yang telah dikirimkan atau diunggah di laman facebook Kpu Gorontalo Utara.

Empat pemenang berdasarkan kategori yang dilombakan kata Sakria, yaitu swafoto muda-mudi terbaik kategori personal, swafoto kelompok muda-mudi minimal tiga orang, swafoto terbaik kategori dewasa personal dan swafoto terbaik kelompok dewasa minimal tiga orang.

"Kami segera memplenokan hasil penetapan dari dewan juri, untuk diumumkan dan dilakukan penyerahan hadiah bagi para pemenang," tutur Sakria.

Ia menegaskan, pihaknya selaku panitia menyerahkan proses penilaian kepada para dewan juri, yakni foto dinilai berdasarkan tema dan syarat ketentuan berlaku, di antaranya terbuka bagi warga umum bukan penyelenggara Pemilu 2019.

Pemotretan dilakukan di area TPS di luar bilik suara dan dilakukan setelah melakukan pencoblosan pada hari Rabu, 17 April 2019 di TPS, dibuktikan dengan tinta ungu di jari tangan.

Sementara itu, Yasin Ali, salah satu juri dari unsur profesi mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan yang ditujukan untuk menarik animo para wajib pilih khususnya pemilih pemula untuk datang ke TPS, memberikan hak suaranya dan mengabadikan momen itu dengan rasa gembira.

Ia pun menilai, inovasi KPU dalam Pemilu 2019 sangat berhasil menambah daya tarik dalam keikutsertaan para wajib pilih khususnya generasi millenial untuk melakukan swafoto di hari Pemilu.

Ke depan kata Yasin, KPU agar lebih berinovasi lagi dalam meningkatkan kemasan lomba tersebut.

"Tidak sekedar foto, namun para wajib pilih bisa menggunggah video yang berisi ungkapan para pemilih terkait pelaksanaan Pemilu, termasuk potensial menggandeng Dinas Pariwisata untuk mengkreasikan inovasi dalam mengabadikan keunikan-keunikan dalam TPS," katanya.

Dengan demikian, katanya, masyarakat akan lebih tertarik mendatangi TPS, tidak sekedar untuk mencari tahu hasil perolehan suara, namun keberadaan mereka ke TPS akan berakhir dengan perasaan gembira.

"Ya gembira karena telah ikut menyemarakkan pesta demokrasi menjadi momen lima tahunan yang penuh inovasi, keunikan dan keikutsertaan yang tidak terlupakan," katanya.

Baca juga: KPU tingkatkan partisipasi pemilih melalui lomba swafoto di TPS PSU
 
Pewarta:
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019
Ketua FKUB Banyumas ajak semua pihak terima hasil Pemilu 2019 Sebelumnya

Ketua FKUB Banyumas ajak semua pihak terima hasil Pemilu 2019

BPN bantah SPDP atas nama Prabowo Selanjutnya

BPN bantah SPDP atas nama Prabowo