Jakarta (ANTARA) - Data penghitungan suara Pilpres 2019 yang diunggah KPU RI pada Sabtu pukul 11.30 WIB telah mencakup 65,29 persen tempat pemungutan suara atau 531.110 dari total 813.350 TPS di dalam dan luar negeri.

Dari data sementara yang masuk Jokowi-Ma'ruf memperoleh 56,12 persen atau 56.194.909 suara sedangkan Prabowo-Sandi memperoleh 43,88 persen atau 43.931.647 suara.

Dari total 34 Provinsi di seluruh Indonesia, baru Bengkulu yang telah menyelesaikan penghitungan hingga 100 persen TPS.

Sedangkan untuk penghitungan suara Pilpres di luar negeri, mayoritas telah menyelesaikan penghitungan suara kecuali di tiga negara yakni di Malaysia, Australia, serta Bosnia-Herzegovina.

Dalam disclaimer Situng, KPU menyatakan bahwa data entri yang ditampilkan pada Menu Hitung Suara adalah data yang disalin apa adanya/sesuai dengan angka yang tertulis pada Salinan Formulir C1 yang diterima KPU Kabupaten/Kota dari KPPS.

Apabila terdapat kekeliruan pengisian data pada Formulir C1, dapat dilakukan perbaikan pada rapat pleno terbuka rekapitulasi di tingkat kecamatan.

Apabila terdapat perbedaan data antara entri di Situng dan Salinan Formulir C1, akan dilakukan koreksi sesuai data yang tertulis di Salinan Formulir C1.

Data yang ditampilkan di Situng bukan merupakan hasil resmi penghitungan perolehan suara. Penetapan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara dilakukan secara berjenjang sesuai tingkatannya dalam rapat pleno terbuka.

 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2019