Waisai (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Raja Ampat, Bawaslu, Polres, Kodim dan Partai Politik setempat mengikrarkan rekapitulasi perhitungan suara tingkat KPU berjalan damai.

Ikrar rekapitulasi perhitungan suara pemilu damai yang diinisiasi oleh Polres Raja Ampat berlangsung di ruang pleno kantor KPU Raja Ampat, Papua Barat, Jumat.

Kapolres Raja Ampat AKBP Eddi Setyanto Erning mengatakan, ikrarar rekapitulasi damai tersebut diinisiasi oleh Polres Raja Ampat sebab proses perhitungan suara tingkat KPU yang kini memasuki hari keempat berlangsung aman dan tertib.

Dia menjelaskan, meskipun terjadi perbedaan pendapat dalam perhitungan suara di KPU yang telah memasuki hari ke empat, tetapi berjalan lancar dan tertib.

Perbedaan pendapat, kata Kapolres, tapi tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan selama pelaksanaan pleno di Kabupaten Raja Ampat yang merupakan daerah wisata.

Ia menyampaikan bahwa Kepolisian masih terus melakukan pengamanan sampai pleno rekapitulasi suara pemilu di kantor KPU Raja Ampat selesai.

"Saya menjamin bahwa proses perhitungan suara akan berjalan aman dan kondusif, meskipun masih tersisa tiga Daerah Pemilihan (Dapil) yang belum selesai dilakukan perhitungan," ujar dia.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019