Sidoarjo (ANTARA) - Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin meraih suara terbanyak pada pemilihan umum yang berlangsung di Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur dengan jumlah suara sebanyak 817.853 suara atau lebih tinggi dari pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dengan perolehan suara sebanyak 350.788 suara.

Komisioner KPU Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur Mokhamad Iskak, Kamis mengatakan, pada hari ini terdapat empat kecamatan yang dilakukan penghitungan suara yakni Candi, Tarik, Waru dan Sidoarjo.

"Hari ini Insya Allah selesai..," ujarnya saat dikonfirmasi.

Dari data yang ada, total suara sah dalam Pemilihan Presiden 2019 di Sidoarjo mencapai 1.168.641 suara. Sementara suara tidak sah sebanyak 32.062 suara.

Pada rapat pleno itu juga dihadiri oleh sejumlah pemangku kepentingan yang ada di kabupaten setempat seperti Kepala Kepolisian Resor Kota Sidoarjo Jawa Timur Kombespol M Zaini Dwi Nugroho, Wakil Bupati Sidoarjo dan juga pemangku kepentingan lainnya.

Di Kabupaten Sidoarjo sempat dilakukan proses pemungutan suara ulang yakni di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 09 Desa Klopo Sepuluh, Sukodono, Sidoarjo.

Pemungutan suara ulang itu dilakukan karena ada dugaan perusakan surat suara yang dilakukan oleh oknum saksi. Pemungutan suara ulang itu dilakukan khusus untuk surat suara DPRD Kabupaten Sidoarjo.

Selain pemungutan suara ulang, di Kabupaten Sidoarjo juga dilakukan penghitungan suara ulang di tiga kecamatan.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019