Mereka akan kita kerahkan apabila terjadi hal yang tidak diinginkan saat rekapitulasi
Lubukbasung, (ANTARA) - Kepolisian Resor Agam, Sumatera Barat, mengerahkan 150 personelnya untuk mengamankan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perolehan suara tingkat kabupaten di aula utama kantor bupati setempat, Kamis.

Kapolres Agam Ferry Suwandi di Lubukbasung, Kamis, mengatakan ke 150 personel itu akan melakukan pengamanan di lokasi rekapitulasi 30 orang, ditambah 10 anggota Sat Intel berpakaian bebas dan sisanya berada di Mapolres setempat.

"Mereka akan kita kerahkan apabila terjadi hal yang tidak diinginkan saat rekapitulasi," ucapnya.

Ia mengatakan personel ini dikerahkan guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan jika ada pihak yang kecewa selama rekapitulasi tersebut.

Selain itu, mengantisipasi pihak yang melakukan sabotase akibat mereka tidak puas sehingga mereka melakukan pengerusakan, pembakaran dan pemukulan terhadap penyelenggara.

"Ini yang kita antisipasi selama rekapitulasi dan saya berharap kondisi ini tidak terjadi di wilayah hukum Polres itu," ujarnya, berharap.

Ia mengakui selama proses tahapan sampai rekapitulasi kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat berjalan dengan aman dan tidak ada gangguan.

Sementara itu, Ketua KPU Agam Riko Antoni menambahkan rekapitulasi ini diadakan selama dua hari dimulai pada 2 sampai 4 Mei 2019.

Penghitungan itu dilakukan secara bertahap untuk beberapa kecamatan dari 16 kecamatan di daerah itu. "Rekapitulasi pada Selasa (2/5), untuk delapan kecamatan," ucapnya.

Sekretaris Daerah Agam, Martias Wanto mengatakan partisipasi masyarakat dalam memberikan hak pilih cukup tinggi sekitar 73 persen dan pemilu sebelumnya hanya 63 persen.

"Ini data sementara yang kita peroleh setiap PPK dan partisipasi masyarakat berikan hak pilih meningkat sekitar 10 persen," katanya.

Tingginya partisipasi ini menandakan kesadaran demokrasi masyarakat sudah tinggi.

Ke depan pihaknya berharap partisipasi masyarakat memberikan hak pilih saat pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada 2020 akan meningkat dari pemilu tahun ini.

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019