Meulaboh, Aceh (ANTARA) - Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh dilaporkan jatuh sakit sehingga tidak bisa memimpin kegiatan rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan perolehan suara pemilu 2019.

"Pak ketua kurang sehat dan saya hanya pimpinan sidang sementara. Target kami paling telat besok (Kamis) sudah tuntas," kata Divisi Teknis dan Hupmas KIP Aceh Barat, Sabki Mustafa Habli, S.Sos, di Meulaboh, Rabu.

Rapat tersebut dilaksanakan dan dipimpin Divisi Teknis dan Hupmas KIP Aceh Barat, Sabki Mustafa Habli, serta tiga komisioner lainnya di Aula Gedung Rapat Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Barat.

Pembukaan rapat pleno terbuka dihadiri Kapolres Aceh Barat AKBP Raden Bobby Aria Prakarsa, Dandim 0105/ Aceh Barat Letkol Nurul Diyanto, tiga komisioner Panwaslih Aceh Barat, anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Selama proses rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tersebut juga turut disaksikan oleh para saksi ketua partai politik, saksi calon presiden, saksi DPD dan saksi utusan dari partai politik peserta pemilu serta undangan lainnya.

"Sampai siang ini sudah tuntas tiga kecamatan, paling telat besok sudah selesai. Kalau memungkinkan bisa sampai malam, maka kita lakukan," imbuhnya lagi.

Sabki Mustafa Habli, mengatakan, rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan perolehan suara pemilu 2019 tingkat Kabupaten Aceh Barat diadakan selama tiga hari terhitung dari tanggal 1 sampai dengan 3 Mei 2019.

Pimpinan sidang membacakan secara tertib hasil perolehan suara yang telah diinput dalam data komputer dan dapat disaksikan bersama dengan menggunakan LCD proyektor atau infocus serta dibaca dengan menggunakan pengeras suara.

Pada jam pagi hingga siang dilakukan penghitungan dan rekapitulasi perolehan suara untuk capres - cawapres, setelah itu baru dilanjutkan dengan rekapitulasi penghitungan suara DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten.

Pihaknya menghaturkan terimakasih kepada seluruh penyelenggara pemilu dan masyarakat di Aceh Barat yang telah menyukseskan pemilu 2019 sejak persiapan, hari pemilihan hingga proses perhitungan dan rekap surat suara.

Pembacaan hasil perhitungan suara disampaikan keempat Komisioner KIP Aceh Barat, Divisi Hukum Saktian, Divisi Teknis dan Hupmas Sabki Mustafa Habli, Divisi Program dan Data Basri dan Divisi SDM dan Parmas Saiful Asra.

Pewarta: Anwar
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019