pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Percha dan Luri, dua putri Gubernur Sumsel berpeluang raih kursi DPR

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Percha Leanpuri (ANTARA/Aziz Munajar/Erwin Matondang)
Palembang (ANTARA) - Putri Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, Percha Leanpuri yang menjadi caleg dari Partai NasDem dan putri mantan Gubernur Alex Noerdin, Luri Elsa Alex, caleg dari Partai Golkar berpeluang meraih kursi DPR RI.

Berdasarkan data hitung cepat dan perhitungan sementara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) putri gubernur aktif dan gubernur periode 2013-2018 itu berpeluang duduk di lembaga legislatif tingkat pusat, kata Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Publik Independen (LKPI), Arianto di Palembang, Minggu.

Selain putrinya, Alex Noerdin yang merupakan caleg dari Partai Golkar memiliki tarikan elektoral yang besar bagi pemilih masyarakat Sumsel terutama daerah pemilihan dua (Dapil 2) juga berpeluang lolos ke DPR pusat.

Kemudian mantan Wagub Sumsel, Ishak Mekki caleg dari Partai Demokrat, istri mantan Gubernur Sumsel, Maphilinda Syahrial Oesman, dan mantan Wali Kota Palembang, Eddy Santana Putra (Gerindra) juga berpeluang mendapatkan kursi DPR.

Partai yang menurunkan caleg mantan pejabat dan keluarga pejabat memiliki tarikan elektoral yang besar bagi pemilih dalam Pemilu 17 April 2019.

Dengan perolehan suara sementara ini Partai Gerindra, Golkar, Nasdem, dan PDI-P bersaing untuk mendapatkan dua kursi di DPR RI Dapil 1 dan Dapil 2 Sumatera Selatan.

Keempat partai tersebut memiliki potensi yang sangat besar dan bersaing untuk menempatkan kader-kadernya duduk di DPR.

“Dari survei cepat (quick survey) yang kami laksanakan dua hari menjelang hari pencoblosan yakni pada15 April 2019 dan hitung cepat (quick count) internal yang dilaksanakan pada hari pencoblosan, perebutan dua kursi di Dapil 1 DPR RI Sumatera Selatan adalah partai Gerindra, Golkar, PDI-P dan Nasdem," ujarnya.

Berdasarkan pengalaman hasil survei yang dilakukan LKPI lembaga survei yang tergabung dalam Perhimpunan Survei Opini Publik Indonesia (Persepi), prediksi tersebut tidak jauh berbeda dengan hasil yang ditetapkan KPU.
Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019
KPU Bangka Tengah: Semua PPK sudah selesai pleno Sebelumnya

KPU Bangka Tengah: Semua PPK sudah selesai pleno

Pakar: Amicus curiae memperkuat keyakinan hakim putuskan PHPU Selanjutnya

Pakar: Amicus curiae memperkuat keyakinan hakim putuskan PHPU