counter

KPU Kotawaringin Timur berharap partisipasi PSL tak anjlok

Calon independen minimal didukung 24 ribu calon pemilih
Komisioner KPU Kotim Muhammad Rifqi Nasrullah (kiri) memantau pemungutan suara lanjutan di Kecamatan Antang Kalang, Sabtu (27/4/2019). (Foto: ANTARA/Istimewa)
Sampit (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah berharap partisipasi pemilih pemungutan suara lanjutan (PSL) yang dilaksanakan Sabtu pagi hingga siang tidak sampai anjlok.

"Partisipasi pemilih memang agak rendah, tapi prosesnya berjalan lancar. Semua tahapan untuk PSL di tingkat TPS (tempat pemungutan suara) sudah dilaksanakan," kata Komisioner KPU Kotawaringin Timur Muhammad Rifqi Nasrullah, di Sampit, Sabtu.

Pemungutan suara lanjutan dilaksanakan di 19 TPS yang tersebar di delapan desa pada empat kecamatan. Pemungutan suara dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB sampai 13.00 WIB dengan teknis pelaksanaan sama seperti saat pemungutan suara sebelumnya.

Pemungutan suara lanjutan dilaksanakan lantaran 19 TPS tersebut kekurangan surat suara calon anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) maupun surat suara calon presiden dan wakil presiden. Pemungutan suara lanjutan disesuaikan dengan kekurangan surat suara di TPS masing-masing saat pemungutan suara Rabu (17/4) lalu.

Rifqi memantau pemungutan suara lanjutan di Kecamatan Antang Kalang. Di kecamatan ini, ada satu TPS yang menggelar pemungutan suara lanjutan karena saat pemilu serentak Rabu (17/4) lalu terjadi kekurangan surat suara DPD RI, sehingga pemilu dilanjutkan hari Sabtu ini untuk memenuhi kekurangan surat suara tersebut.

Upaya untuk melaksanakan pemungutan suara lanjutan, tahapan kembali dijalankan seperti sebelumnya yaitu pembagian formulir C6 atau undangan memilih. Selanjutnya pemilih datang ke TPS untuk memberikan hak pilihnya, namun hanya untuk mencoblos surat suara DPD RI atau calon presiden dan wakil presiden, sesuai kekurangan yang terjadi saat pencoblosan sebelumnya.

"Alhamdulillah pelaksanaannya berjalan lancar. Sore tadi penghitungan suara sudah selesai," ujar Rifqi.

Belum diketahui berapa besar partisipasi pemilih dalam pemungutan suara lanjutan ini, karena baru bisa diketahui setelah ada rekapitulasi dari 19 TPS yang menggelar pemungutan suara lanjutan.

Pemungutan suara lanjutan akibat kekurangan surat suara calon anggota DPD RI dilaksanakan di 15 TPS yang tersebar di tujuh desa di tiga kecamatan.

Kecamatan Mentawa Baru Ketapang meliputi satu TPS di Desa Bapeang, dan Kecamatan Antang Kalang meliputi satu TPS di Desa Tumbang Kalang. Kecamatan Cempaga Hulu meliputi tiga TPS di Desa Parit, dua TPS di Desa Bukit Raya, dua TPS Desa Pelantaran, dua TPS Desa Sungai Ubar Mandiri dan empat TPS Desa Pantai Harapan.

Pemungutan suara lanjutan akibat kekurangan surat suara calon presiden dan wakil presiden akan dilaksanakan di empat TPS Desa Beringin Agung Kecamatan Telaga Antang.
Pewarta:
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2019
Situng KPU: entri suara capai 45 persen Jokowi unggul sementara Sebelumnya

Situng KPU: entri suara capai 45 persen Jokowi unggul sementara

Penyerahan data syarat Bakal Calon Pilkada Selanjutnya

Penyerahan data syarat Bakal Calon Pilkada