counter

Badan Pengawas Pemilu jalankan fungsi pengawasan ke KPU

Mendagri ajak kontestan Pilkada adu gagasan penanganan Covid-19
Logo Badan Pengawas Pemilu. (ANTARA)
Jakarta (ANTARA) - Jajaran Badan Pengawas Pemilu menjalankan fungsi pengawasan dengan menyambangi Kantor Komisi Pemilihan Umum, di Jakarta, Jumat.

Ketua Badan Pengawas Pemilu, Abhan, menyatakan, dalam kunjungan itu, dia berdiskusi mengenai proses rekapitulasi suara yang tengah dijalankan jajaran KPU.

"Hari ini kami Bawaslu RI mengunjungi KPU, ada beberapa hal yang kami diskusikan terkait perkembangan rekapitulasi yang beberapa hari ini berlangsung di tingkat kecamatan," kata Abhan.

Abhan mengatakan, beberapa hari lalu mereka telah menyampaikan surat kepada KPU terkait beberapa laporan yang dilayangkan ke Bawaslu, terkait persoalan kesalahan input data di Situng KPU.

Dalam surat itu Badan Pengawas Pemilu mengingatkan KPU untuk teliti dan sangat berhati-hati dalam memasukkan data dalam Situng.

"Hari ini kami memastikan juga apakah rekomendasi kami itu sudah dijalankan atau belum. Tadi kami sudah ditunjukan kepada tim yang mengerjakan itu, dan respon baik bahwa apa yang kami harapkan sudah ditindaklanjuti KPU," jelas Abhan.

Abhan mengatakan koordinasi dengan KPU merupakan bagian dari pengawasan Pemilu.

Ia berharap KPU dapat meneruskan kepada seluruh jajarannya apabila ada rekomendasi dari Bawaslu, maupun laporan dari peserta pemilu dan saksi.

Baca juga: Bawaslu lapor kematian pengawas TPS di SBT ke Polda Maluku

Baca juga: 16 parpol di Sarmi minta Bawaslu rekomendasikan PSU

Bawaslu antisipasi penggunaan masker kampanye saat hari pencoblosan

Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019
Kapolda Kepri patroli sepeda tinjau pengamanan PPK Sebelumnya

Kapolda Kepri patroli sepeda tinjau pengamanan PPK

Deklarasi dukungan relawan Anies Baswedan maju Pilpres 2024 Selanjutnya

Deklarasi dukungan relawan Anies Baswedan maju Pilpres 2024