counter

Ratusan kotak suara rusak akibat bangunan ambruk

Pemkab Batang tutup wisata yang tidak terapkan protokol kesehatan
Logistik hasil Pemilu 2019 di Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah saat diamankan oleh sejumlah petugas, Selasa (23/4/2019). (Foto: ANTARA/Istimewa)
Kuala Kapuas (ANTARA) - Sebanyak 155 kotak suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mengalami kerusakan ringan dan berat dalam musibah ambruk bangunan Aula Kantor Kecamatan Mantangai Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah pada Selasa (23/4), tempat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) menyimpan logistik hasil pemilihan dari sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) setempat.

"Dari berita acara PPK Mantangai yang dilaporkan kepada kami, ada sebanyak 155 kotak suara mengalami rusak ringan, dari sebanyak 26 TPS," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas Jamilah Maisura, di Kuala Kapuas, Kamis.

Menurut dia, dari 26 TPS kotak suaranya mengalami rusak ringan itu, di Sei Gawing ada dua TPS mengalami rusak ringan sebanyak 10 kotak suara, Danau Rawah ada 8 TPS dan mengalami rusak ringan sebanyak 40 kotak suara, Mantangai Hulu ada 5 TPS rusak ringan sebanyak 25 kotak suara, Mantangai Hilir 10 TPS yang mengalami rusak ringan sebanyak 50 kotak suara.

Kemudian Lahai Mangkutup 4 TPS yang mengalami rusak ringan sebanyak 20 kotak suara, dan di Tabore 2 TPS yang mengalami rusak ringan sebanyak 10 kotak suara.

"Jadi total yang mengalami rusak ringan itu ada 155 kotak suara yang terdiri dari enam PPS dan 26 TPS. Ini semua sudah diamankan di tempat yang aman di gedung sebelah kantor," ujarnya lagi.

Sedangkan untuk kotak suara mengalami rusak berat, kata Jamilah, di Desa Sei Gawing TPS 1 kotak suara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi, TPS 2 kotak suara Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) dan TPS 2 kotak suara Presiden dan Wakil Presiden dan Desa Danau Rawah TPS 2 kotak suara Presiden dan Wakil Presiden, TPS 2 kotak suara DPRD Provinsi dan TPS 4 kotak suara DPR RI

Sedangkan proses pleno rekapitulasi, kata dia, masih tetap berjalan lancar seperti biasa. "Tidak ada kendala dan tetap berjalan," ujarnya.

Ditanya selain kotak suara, apakah barang logistik lainnya seperti surat suara serta formulir kelengkapan pemilu ada juga mengalami kerusakan akibat peristiwa tersebut, Jamilah mengatakan tidak ada, hanya kotak suara saja, mengingat untuk surat suara lainnya terbungkus plastik.
Pewarta:
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2019
Anggota FPAN nilai Pansus Kecurangan Pemilu tidak relevan Sebelumnya

Anggota FPAN nilai Pansus Kecurangan Pemilu tidak relevan

Deklarasi dukungan relawan Anies Baswedan maju Pilpres 2024 Selanjutnya

Deklarasi dukungan relawan Anies Baswedan maju Pilpres 2024