counter

KPU optimistis PSU Papua Barat tuntas 27 April

Tingkat partisipasi Pemilu 2019 tertinggi setelah reformasi
Ketua KPU Papua Barat Amus Atkana (Foto: Toyiban)
Logistik surat suara pun sudah siap dan tidak perlu khawatir terjadi kekurangan, tambahnya
Manokwari (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Barat optimistis Pemungutan Suara Ulang (PSU) untuk 24 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di daerah tersebut bisa tuntas seluruhnya pada 27 April 2019.

Ketua KPU Papua Barat Amus Atkana di Manokwari, Rabu mengaku bersyukur pelaksanaan Pemilu serentak 2019 di wilayah kerjanya secara umum berjalan aman, meskipun muncul berbagai dugaan serta rekomendasi PSU.

"Untuk PSU sudah ada sebagian yang melaksanakan, seperti satu TPS di Manokwari Selatan sudah dilaksanakan kemarin (234/4). Hari ini Fakfak, Kabupaten Sorong besok (25/4) dan Manokwari lima TPS (26/4) sudah bisa dilaksanakan," kata Amus.

Terlepas dari rekomendasi Bawaslu, Amus mengapresiasi kinerja KPPS pada pemungutan suara 17 April lalu. Dengan honor yang kecil, namun mereka bekerja secara total demi kelancaran pesta demokrasi.

"Seorang ketua KPPS hanya dibayar dengan honor Rp550 ribu dan anggotanya Rp500 ribu dipotong pajak 6 persen. Mereka tidak tidur dua hari dua malam karena tanggungjawab melaksanakan seluruh tahapan di TPS," katanya.

Ia pun turut berduka cita atas puluhan anggota KPPS se-Indonesia yang meninggal karena kelelahan pada pesta demokasi ini. Baginya tidak ada yang lebih berharga dibanding keselamatan jiwa manusia.

Amus mengakui, masih ada kelemahan pada pelaksanaan pemilu di daerah tersebut. Pihaknya pun taat dan siap melaksanakan rekomendasi Bawaslu atas temuan di lapangan.

Terkait PSU tersebut, KPU terus berkoordinasi dengan Bawaslu dan aparat keamanan serta pemerintah daerah. Diharapkan seluruhnya berjalan lancar hingga seluruh tahapan selesai.

"Logistik surat suara pun sudah siap dan tidak perlu khawatir terjadi kekurangan," tambahnya.

Situasi Papua dilaporkan mulai kondusif

Pewarta:
Editor: Edy Supriyadi
Copyright © ANTARA 2019
PPLN Kuala Lumpur siapkan pemungutan suara ulang Sebelumnya

PPLN Kuala Lumpur siapkan pemungutan suara ulang

Seorang anggota DPRD Jember terpilih naik ojek untuk hadiri pelantikan Selanjutnya

Seorang anggota DPRD Jember terpilih naik ojek untuk hadiri pelantikan