pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Anggota PPK di Kabupaten Kupang meninggal

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Ketua KPU Kabupaten Kupang, Eliaser Lomi Rihi. (ANTARA/Benny Jahang)
Kupang (ANTARA) - Ketua KPU Kabupaten Kupang, Eliaser Lomi Rihi, mengatakan, salah seorang anggota PPK Kecamatan Amfoang Utara meninggal akibat kelelahan setelah melakukan bimbingan teknis terhadap para KPPS sehari menjelang pemilu serentak 17 April berlangsung.

"Satu orang anggota PPK Kecamatan Amfoang Utara meninggal karena kelelahan setelah melakukan bimtek KPPS di Kecamatan Amfoang Utara. Kejadian ini terjadi sehari sebelum pelaksaan pemilu berlangsung," kata dia, di Oelamasi, Selasa.

Ia mengatakan, KPU Kabupaten Kupang telah memgusulkan kepada KPU Pusat agar salah satu anggota PPK Kecamatan Amfoang Utara yang meninggal saat persiapan Pemilu 2019 itu mendapat asuransi dari negara.

"Kami upayakan agar korban meninggal itu mendapat asuransi karena yang bersangkutan meninggal dalam kaitan dengan pelaksanaan pemilu," kata Rihi.

Menurut dia, Pemilu serentak yang berlangsung di kabupaten yang berbatasan dengan Oecusse, enklave Timor Leste ini mengakibatkan satu anggota PPK Kecamatan Amfoang Utara meninggal dan satu ketua KPPS di Kecamatan Nekamese dirawat intensif di RS Leona, Kupang, karena kelelahan.

Sementara itu juru bicara KPU Kabupaten Kupang, Johanis Tunbonat, mengatakan, pemerintah perlu memperhatikan keselamatan para petugas KPPS dan PPS apabila melaksanakan Pemilu serentak seperti ini tetap dilakukan pada 2024.

"Para petugas KPPS dan PPS harus diberikan tunjangan yang memadai serta mendapat perlindungan asuransi guna mengantisipasi terjadinya kasus luar biasa dihadapi para petugas KPPS dan PPK dalam kegiatan Pemilu," kata Tunboat.

Ia mengatakan, kondisi geografis wilayah Kabupaten Kupang yang sangat berat memaksa para petugas KPPS dan PPS bekerja dengan risiko yang sangat tinggi demi menyukseskan penyelengaraan pemilu serentak 2019.

"Sehingga para petugas KPPS dan PPK harus mendapat perlindungan asuransi dan tunjangan yang memadai apabila pemilu serentak tetap dilakukan pada 2024," kata dia.
Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019
Barikade Gus Dur ajak elit politik kembali merajut persatuan Sebelumnya

Barikade Gus Dur ajak elit politik kembali merajut persatuan

Pakar: Amicus curiae memperkuat keyakinan hakim putuskan PHPU Selanjutnya

Pakar: Amicus curiae memperkuat keyakinan hakim putuskan PHPU