pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Wiranto sarankan laporkan kecurangan Pemilu melalui jalur hukum

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Menko Polhukam Wiranto ditemui di Kantor Presiden usai rapat terbatas pada Senin (22/4/2019). (Bayu Prasetyo)
Jangan diselesaikan sendiri. Jangan kemudian diselesaikan di lapangan. Itu namanya sudah menabrak undang-undang yang mengatur keamanan dan ketertiban masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Menko Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto menegaskan seluruh pihak untuk melaporkan kecurangan Pemilu 2019 melalui jalur hukum dan lembaga yang ditetapkan yakni Bawaslu maupun Mahkamah Konstitusi.

"Jangan diselesaikan sendiri. Jangan kemudian diselesaikan di lapangan. Itu namanya sudah menabrak undang-undang yang mengatur keamanan dan ketertiban masyarakat," kata Wiranto ditemui di Kantor Presiden, Jakarta pada Senin.

Menurut Wiranto, isu kecurangan dalam pesta demokrasi kerap muncul, baik pada Pemilu yang lalu hingga saat ini.

Dia menjelaskan masyarakat memiliki hak untuk berkomentar maupun mengkalkulasi suara pemilu.

Namun, dia meminta seluruh warga untuk tidak keluar dari jalur hukum dan melakukan mobilisasi yang berpotensi menganggu ketertiban masyarakat maupun dan keamanan nasional.

"Kita sudah punya sistem, kita sudah punya aturan, punya aparat-aparat penyelenggara pemilu yang sudah dibakukan. Yang menyangkut kecurangan, ketidakpuasan ada hukumnya, ada lembaganya, mahkamah konstitusi," ujar Wiranto.

Dia juga mengatakan jika ada pihak yang melanggar aturan hukum terkait Pemilu maupun mengganggu ketertiban umum, maka aparat keamanan dari Polri dan TNI siap mengamankan situasi di masyarakat.

Indonesia telah melangsungkan Pemilu yang terdiri dari pemilihan presiden dan pemilihan anggota legislatif pada Rabu (17/4/2019) secara serentak.
Pewarta:
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019
Pemilu damai beri optimisme kepada pelaku ekonomi Sebelumnya

Pemilu damai beri optimisme kepada pelaku ekonomi

TKN: Prabowo Subianto minta hentikan aksi damai di MK Selanjutnya

TKN: Prabowo Subianto minta hentikan aksi damai di MK