pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Mantan Rektor UIN: Elite politik harus tunjukkan kedewasaan

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto (tengah) menemui pendukungnya seusai mendeklarasikan kemenangannya pada Pilpres 2019 di kediaman Kertanegara, Jakarta, Kamis (18/4/2019). Prabowo kembali mendeklarasikan kemenangannya versi real count internal BPN sebesar 62 persen. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/hp).
Jakarta (ANTARA) - Mantan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Bandung Prof Nanat Fatah Natsir mengingatkan para elite politik harus bisa menunjukkan kedewasaan dan kenegarawanan, setelah pemungutan suara Pemilihan Umum 2019 sembari menunggu hasil penghitungan suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Seorang negarawan harus siap kalah dan siap menang. Elite politik harus bisa menenangkan pendukungnya," kata Nanat dihubungi di Jakarta, Kamis.

Nanat mengatakan elite politik jangan bersikap reaktif terhadap dinamika politik, setelah pemungutan suara dan melontarkan wacana-wacana yang kontraproduktif menanggapi hasil hitung cepat yang dipublikasikan.

Elite politik dan para pendukungnya harus bersabar dan menyerahkan penghitungan suara kepada KPU, meskipun harus cukup lama menunggu hasilnya.

Karena itu, Nanat juga meminta agar KPU bekerja cepat dan akurat agar masyarakat tidak terlalu lama menunggu ketidakpastian hasil penghitungan suara.

"KPU harus jujur adil dan terbuka. Jangan ada celah-celah kecurigaan dari masyarakat," katanya lagi.

Apa pun hasil penghitungan suara, Nanat meminta para elite politik dan pendukungnya menyikapinya tidak secara berlebihan.

Kalau pun ada ketidakpuasan, Nanat menyarankan untuk menyelesaikan sengketa pemilihan umum melalui lembaga yang berwenang.

"Elite politik jangan mendorong tindakan kekerasan menanggapi apa pun hasil pemilu," ujarnya pula.
Pewarta:
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2019
PAN optimistis raih tujuh persen suara Pemilu Legislatif 2019 Sebelumnya

PAN optimistis raih tujuh persen suara Pemilu Legislatif 2019

Demokrat serahkan keputusan soal koalisi kepada Prabowo Selanjutnya

Demokrat serahkan keputusan soal koalisi kepada Prabowo